Pesona Air Terjun Suhom Butuh Sentuhan

Avertise With Us

Penulis Fauzan
Editor : ZTD
Acehaktual.com,Aceh Besar – Bila anda dan keluarga hobbi menikmai keindahan alam air terjun baiknya anda berkunjung ke air terjun satu ini, karena tidak kalah menariknya dengan lokasi lain yakni ke air terjun Suhom, Lhong, Aceh Besar.

Traveler yang pernah berkunjung ke kawasan sebelah barat Banda Aceh atau menuju Lamno, Aceh Jaya pasti tidak asing lagi dengan destinasi wisata Suhom., tepatnya berada di kawasan Lhong, sekitar 85 kilometer dari Banda Aceh. Untuk masuk ke lokasi tersebut berbelok ke kiri sekitar 100 meter lagi.

ADS | Iklan DI Sini

Untuk mencapai Air Terjun Suhom dari Banda Aceh, bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi dan memerlukan waktu kurang lebih satu jam. Perjalanan ke sana melalui rute Banda Aceh – Calang (Aceh Jaya), melewati Pantai Lampuuk, Pantai Lhoknga dan Kecamatan Leupung.

Di Aceh Besar ada tiga tujuan wisata air terjun,yakni air terjun Kuta Malaka, air Terjun Peucari Jantho dan air terjun Seuhom, Lhong. Namun yang paling banyak di kunjungi adalah air terjun yang berada di Lhong tersebut.karena akses menuju ke tempat ini juga sangat mudah. Hampir setiap hari pengunjung berkunjung ke air terjun Suhom, terutama hari Sabtu dan Minggu. Umumnya mereka menggunakan sepeda motor, kenderaan umum dan mobil pribadi.

Namun jalan menuju ke destinasi wisata alam terebut mulai kurang bagus karena tidak adanya perawatan. Padahal struktur air terjunnya sangat indah. Ada banyak batu besar berserakan yang membentuk telaga untuk berenang dan berendam air terjunnya tumpah dari tiga tingkatan.

Di lokasi wisata itu sekarang terlihat kurang terawat dengan baik, termasuk banyak sampah padahal air terjun ini juga digunakan sebagai energi listrik tenaga mikrohidro bagi 200 kepala keluarga di sekitarnya. Bagi yang ingin mandi, tersedia kolam yang bisa digunakan pengunjung dewasa maupun anak-anak.

Padahal Air Terjun Suhom menawarkan pesona alam asri, alami serta kondisi udara yang masih belum tercemar oleh polusi. Wisatawan juga bisa menikmati segarnya gemericik air yang berasal dari mata air pegunungan. Namun penataan pedagang di sekitar wisata tersebut juga perlu di tata lagi yang lebih baik sehingga terkesan kurang terawat. Begitu juga jalan menuju ke air terjun cukup sempit dan hanya bisa dilalui oleh satu mobil saja.

Fasilitas yang terdapat pada Air Terjun Suhom terbilang cukup minim. Hal ini dikarenakan pengelolaan tempat wisata yang terletak di Aceh Besar ini masih dilakukan secara swadaya oleh masyarakat setempat. Selain itu, pemerintah setempat juga mengatakan keterbatasan anggaran karena terdapat sebuah kebijakan untuk lebih mengedepankan wisata bahari.

Lahan parkir sekarang sangatlah sempit, sehingga membuat wisatawan yang membawa mobil harus khawatir. Di sekitar itu ada fasilitas kamar mandi yang masih kurang begitu juga dengan tempat ganti pakaian untuk wisatawan yang ingin bersih-bersih setelah berenang di kolam air terjun.
Namun kini kurang tertata dengan baik. Bagi wisatawan muslim yang ingin beribadah, terdapat masjid dan mushola yang letaknya tak jauh dari lokasi air terjun.

Begitu juga dengan fasilatas keamanan yang ada di sekitar air terjun juga masih belum tersedia. Tak ada pagar pembatas, sehingga dapat membahayakan wisatawan karena kondisi bebatuan sekitar yang licin. (ZTD)

ADS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here