Wisata Kuliner Aceh : Kopi Sanger

Avertise With Us
Aceh merupakan surga pecinta kopi. Tidak hanya untuk skala lokal dan nasional, Aceh juga dikenal sebagai penghasil kopi kualitas dunia. Kopi Arabica dari Gayo diakui sebagai salah satu kopi terbaik yang memenuhi skala kualitas internasional.

Bukan hanya sebagai penghasil biji kopi saja, Aceh juga memiliki cara pembuatan kopi tersendiri. Kopi saring menjadi ciri khas dalam hal cara menyiapkan kopi. Teknik ini sering menarik minat wisatawan yang kerap menganggap sebagai salah satu cara menyajikan kopi yang unik.

Ada satu lagi karya khusus barista Aceh untuk para pecinta kopi. Namanya kopi Sanger. Di Banda Aceh sering disebut dengan Sanger. Cita rasanya yang spesial serta berbeda dengan sajian kopi lain membuatnya menjadi salah satu pilihan para penikmat kopi.

ADS | Iklan DI Sini

Sanger merupakan campuran antara kopi, sedikit susu kental manis atau krimer dan sedikit gula pasir. Campuran yang tepat akan menghasilkan minuman kopi dengan cirikhas tersendiri. Baik dari segi aroma, tampilan dan cita rasa yang berbeda dari sekedar kopi susu biasa. Karena ciri khas yang berbeda, nama Sanger bisa berjajar bersama espresso, cappuccino, macchiato, latte dan lainnya dalam list menu cafe atau kedai kopi.

Jika ada kesempatan ke Aceh atau kota Banda Aceh, boleh untuk coba kopinya. Sanger sendiri terdiri atas dua varian. Sanger dan Sanger Arabica. Sanger merujuk kepada olahan dari biji kopi robusta, Sedangkan Sanger Arabica untuk kopi arabikanya. Mana jenis sanger yang menjadi favorit, silahkan untuk memutuskan setelah mencobanya.

ADS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here