Partai Aceh Apresiasi Mahasiswa Aceh Raih Juara MTQ di Mesir

Penulis : Fauzan

Wakil Indonesia, Lauhin Mahfudz dan Farhan Tsani raih juara II Cabang Syahril Qur'an pada MTQ Internasional 2018 di Kairo, Mesir (foto:Istimewa)
Avertise With Us

ACEHAKTUAL.COM | Banda Aceh Partai Aceh memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih pLauhin Mahfudz mahasiswa kelahiran Aceh Tengah yang meraih juara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional cabang Syarhil Quran pada babak final yang diadakan di Kairo, Mesir, Rabu (4/4/2018).

Lauhin Mahfuz dan Farhan Tsani mewakili Indonesia meraih juara II dari empat negara yang bertanding di babak tersebut. Juara I diraih Filipina, Juara II Indonesia, Juara III Malaysia dan Juara IV Nigeria.

ADS | Iklan DI Sini

“Sudah sepatutnya kita semua memberikan apresiasi membawa harum nama Indonesia pada umumnya dan nama Aceh Tengah pada khususnya,” sebut Syardani M. Syarif (Teungku Jamaica) Jurubicara Partai Aceh (PA) kepada media, Sabtu (7/4/2018).

Jamaica menyatakan prestasi di tingkat Internasional ini bisa memicu generasi Qurani di Aceh untuk terus memompa semangat belajar dan mengamalkan isi Quran. Menurutnya, Aceh membutuhkan pemuda/i Qurani untuk membangun Aceh agar sejalan dengan program Aceh Carong.

“Dukungan pemerintah dan warga terhadap tempat-tempat pendidikan Quran, sehingga guru dan murid atau santri bisa fokus belajar.  Kejayaan Aceh dimulai dengan tumbuhnya dunia pendidikan. Kepada putra Aceh itu, selayaknya Pemerintah Aceh dapat memberikan penghargaan,” ajak Jamaica.

Lauhin menempuh pendidikan di MIN 1 Boom Takengon, Pesantren Raudhatul Jannah Medan, dan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Atas prestasi itu, Lauhin dan Farhan berhak atas hadiah umrah dan uang sebesar 5.500 pound.

Sebagaimana di kutip di web : kemenag.co.id Ada 20 negara yang ikut ambil bagian di Cabang Syarhil Quran MTQ tingkat internasional ini. Sebelum masuk final, duet Lauhin Mahfudz dan Ahmad Farhan Tsani sebelumnya juga sukses meraih peringkat kedua babak semifinal sebagai tiket bagi Indonesia menuju final.

Kedua pemuda asal Indonesia ini merupakan alumni Pesantren Raudhatul Hasanah Medan, Sumatera Utara. Lauhin Mahfudz berasal dari Takengon, Kabupaten Aceh Tengah dan Ahmad Farhan Tsani berasal dari Kota Medan, Sumatera Utara.

Mereka kini sedang menempuh pendidikan di Universitas Al Azhar, Kairo. Lauhin Mahfudz sendiri juga sempat menimba ilmu agama di UIN Ar Raniry Banda Aceh pada jurusan Tafsir Al Quran dan Hadist sebelum dia diterima menjadi mahasiswa Al Azhar Mesir sejak tahun 2016.

ADS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here