Plt Gubernur Minta Masyarakat Jadikan Mesjid Pusat Pemberdayaan Ummat

Penulis : Fauzan

Avertise With Us

ACEHAKTUAL.COM I Banda Aceh : Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meminta seluruh masyarakat Kota Subulussalam agar menjadikan Mesjid Agung Subulussalam sebagai pusat pemberdayaan ummat.

Menurutnya, mesjid tidak hanya berfungsi sebagai sarana ibadah, namun juga harus menjadi tempat pemberdayaan masyarakat, pendidikan serta penyelesaian masalah sosial.

ADS | Iklan DI Sini

Plt Gubernur menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya saat meresmikan Mesjid Agung Subulussalam, di Kota Subulussalam, Selasa, (5/3/2019).

“Mesjid ini bisa menjadi tempat pemberdayaan masyarakat Subulussalam. Pada saat Rasulullah membangun mesjid pertama, Mesjid Quba. Dari mesjid tersebut beliau memberdayakan umat hingga terpancar ke seluruh dunia,” ujar Nova.

Berdasarkan wahyu Ilahi dalam Alquran, jelas Nova, memakmurkan mesjid dengan ibadah dan kegiatan sosial menjadi kewajiban semua ummat muslim. “Kita dituntut untuk menjadikan mesjid sebagai benteng memperkuat ketaqwaan pada Allah,” tuturnya.

Nova menambahkan ada empat aspek dalam pengololaan mesjid, pertama, pengelolaan keuangan, kedua management pengelolaan, menurutnya dalam management pengelolaan harus ada transparansi dan memiliki nilai syariah.

“Ketiga aspek syariah, kita berkewajiban memakmurkan mesjid, Serta memberikan gagasan untuk pembangunan ummat. Kemudian, aspek yang berkaitan dengan aktivitas di dalam mesjid, seperti event keislaman,” sebutnya.

Sebagai daerah terluar dan berbatasan langsung dengan provinsi lain, Nova meminta masyarakat Subulussalam menguatkan ketaqwaan dan nilai keislaman. Di karenakan, sambungnya, pengaruh pemahaman di zaman ini sangat meresahkan.

Sementara Wali Kota Subulussalam, Merah Sakti Kombih mengatakan Mesjid Agung Subulussalam yang diresmikan itu telah dimulai pembangunannya sejak tahun 2010. Pada masa kepemimpinan Irwandi Nazar.

Ia menyampaikan anggaran yang dihabiskan untuk pembangunan mesjid tersebut berjumlah 60 miliar lebih. Dana itu bersumber dari sumbangan masyarakat Subulussalam, Anggaran Pendapatan Belanja Aceh, serta Doka Kota Subulussalam.

ADS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here