Rumah KAT Akan Di Bangun Di Desa Sikundo

Penulis : Fauzan

Avertise With Us

ACEHAKTUAL.COM I Banda Aceh : Pemerintah Aceh akan membangun sebanyak 39 unit rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT) dalam rangka program pemberdayaan desa Sikundo, Kabupaten Aceh Barat.

Rumah tersebut merupakan program Dinas Sosial Aceh yang merupakan Tipe 24. Desa tersebut sebelumnya sempat viral karena ketiadaan alat penyebrangan dan warga menngunakan tali untuk menyebrang sungai.

ADS | Iklan DI Sini

Kepala Dinas Sosial Aceh Drs Alhudri MM bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) H T Ahmad Dadek SH bersama rombongan mengunjungi Desa Sikundo, Kecamatan Pantee Cermen, Kabupaten Aceh Barat, Selasa, (12/3/2019).

Kunjungan tersebut dilakukan untuk meninjau dan mengasesmen sebelum dilakukan Baksos dan peletakan batu pertama oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

“Yang pastinya, untuk Sikundo akan dilakukan juga peletakan batu pertama untuk pembangunan 39 unit rumah KAT oleh Plt Gubernur Aceh. Untuk waktu kita upayakan secepatnya,” tegasnya.

Alhudri menambahkan, bakti sosial di Sikondo dilakukan bukan setelah viralnya jembatan tali Sikundo, melainkan memang sudah direncanakan sejak lama, dan masuk dalam program KAT Dinas Sosial Aceh.

Alhudri menambahkan, program pemberdayaan KAT ini tidak hanya sebatas membangun rumah namun selama 2-3 tahun akan menjadi prioritas perhatian pemerintah, seperti akan pemberian jadup,  dibagikan alat-alat pertanian dan jika mungkin peternakan juga.

“Sekali lagi kami tegaskan kegiatan ini memang sudah di Programkan, cuma kemarin kami tanya kembali ke Pak Plt Gubernur kemana yang cocok dan beliau mengatakan masukkan ke Aceh Barat, tepatnya ke Sikundo,” sebut Alhudri.

Sementara Dadek mengatakan, Sikundo adalah daerah yang baru saja terlepas dari keterisoliran seperti jembatan, jika sebelumnya masyarakat menggunakan jembatan tali yang menghubungkan  antara Sikundo dengan Gampong Jambak,  sekarang sudah dibangun jembatan gantung yang bisa dilalui kendaraan empat roda.

“Tujuan hari ini untuk  melihat kondisi apa yang bisa kita lakukan dan melihat langsung kebutuhan masayarakat di Sikundo sebelum dilakukan baksos dan peletakan batu pertama pembangunan rumah KAT oleh Plt Gubernur Aceh nanti,” katanya.

ADS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here