BPBA Lakukan Sosialisasi Tangguh Bencana

Penulis : Fauzan

Avertise With Us

ACEHAKTUAL.COM I Banda Aceh : Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaksanakan Sosialisasi Hotel Tangguh Bencana bertempat Kyriad Muraya Hotel, Senin, (8/4/2019).

Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut diikuti 30 peserta yang merupakan General Manager Hotel yang berada di Banda Aceh dan Aceh Besar.

ADS | Iklan DI Sini

Kepala Pelaksana BPBA, H. Teuku Ahmad Dadek, SH menjelaskan Hotel Tangguh Bencana adalah Hotel dan atau penginapan yang mempunyai komitmen akan budaya aman dan sadar akan risiko, memiliki rencana yang matang dan mapan sebelum, saat dan sesudah bencana dan selalu siap untuk merespon pada saat darurat bencana.

Teuku Dadek yang didampingi oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Bobby Syahputra, SE, M.Si dan Kepala Seksi Kesiapsiagaan, Mukhsin Syafi’i, ST, MT menambahkan, ini merupakan rangkaian kegiatan dalam menyongsong Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2019.

“Hari Kesiapsiagaan Bencana yang diinisiasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2017 lalu telah menjadi kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia setiap tanggal 26 April.” Ujar Dadek.

Dikatakan Dadek, BPBA telah berpartisipasi secara aktif sejak 2017 dan 2018, mengkoordinir Instansi/Lembaga terkait dan mendorong BPBD di seluruh Aceh,  untuk sama-sama secara mandiri melaksanakan Hari Kesiapsiagaan Bencana dengan #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana

“ Kita terus terus mendorong, Kegiatan Simulasi Hari Kesiapsiagaan Bencana  yang dilaksanakan secara mandiri di seluruh Aceh sesuai dengan ancaman bencana di masing-masing daerah. “ ujarnya.

Misalnya, Banda Aceh dan Aceh Besar yang memiliki potensi bencana Gempa Bumi dan Tsunami akan melakukan Simulasi Gempa Bumi dan Tsunami, sementara daerah lain yang miliki potensi atau ancaman bencana banjir dan atau banjir bandang akan melaksanakan Simulasi terkait bencana tersebut.

ADS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here