5 Manfaat Dahsyat Konsumsi Madu Saat Buka Puasa

Penulis : Fauzan

Madu hutan asli Aceh Besar yang sudah mendapakatn sertifikat hala dari Majelis Permuswaran Ulama (MPU) Aceh/ MUI Foto : Bee Fada
Avertise With Us

ACEHAKTUAL.COM I Ramadan merupakan bulan yang selalu dinantikan oleh umat muslim. Sebab bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan juga ladang pahala. Gak mengherankan kalau kemudian orang-orang saling berlomba dalam hal ibadah dan kebaikan.

Tapi biar kamu tetap bisa menjalani berbagai kegiatan dengan baik dan nyaman, kamu harus memperhatikan asupan nutrisi selama Ramadan agar tetap fit sepanjang waktu. Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan rutin mengonsumsi madu saat berbuka. Hal ini lantaran madu mengandung berbagai senyawa baik yang dapat membuat tubuh selalu sehat.

1. Tidak menyebabkan gula darah meningkat

ADS | Iklan DI Sini

Setelah menahan lapar dan dahaga seharian, sajian manis dianggap sebagai menu yang paling nikmat saat berbuka. Padahal faktanya langsung menyantap makanan atau minuman yang manis-manis saat berbuka dapat menyebabkan gula darah meningkat secara drastis.

Tapi tenang, selain rasanya manis, madu gak akan meningkatkan kadar gula darah. Hal ini lantaran madu mengandung pemanis yang lebih kompleks daripada gula, sehingga membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan gak akan mempengaruhi kadar gula dalam darah

2. Menurunkan kadar trigliserida yang dapat memicu stroke dan kanker

Selain sajian manis, menu lainnya yang selalu ada saat berbuka adalah gorengan. Terlalu banyak menyantap gorengan dapat meningkatkan kadar lemak dalam darah. Tingginya lemak pada darah dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti kanker dan stroke.

Nah, madu sendiri bersifat dapat menurunkan kadar trigliserida, yaitu salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan dalam darah dan dapat memicu penebalan pembuluh darah.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Masalah yang kerap dikeluhkan oleh mereka yang berpuasa adalah masalah pencernaan seperti konstipasi.
Mengonsumsi larutan madu dengan air hangat saat berbuka dapat membantu mempermudah penyerapan nutrisi dalam makanan. Dampaknya, sistem pencernaan dan metabolisme akan jadi lancar. Kendati demikian, pastikan kamu tetap mengonsumsi makanan yang bergizi.

4. Memberikan energi dan stamina lebih lama

Madu mengandung kalori baik yang cukup tinggi. Akan tetapi, madu tersusun atas berbagai senyawa kompleks yang tidak mudah dicerna. Sehingga, mengonsumsi madu baik saat sahur maupun berbuka dapat memberikan kamu energi dan stamina lebih lama. Kamupun dapat menjalankan berbagai aktivitas dengan semangat penuh walaupun sedang berpuasa, saat malam pun kamu dapat menjalankan solat tarawih dengan khusyu.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi flu

Saking semangatnya berburu pahala di bulan Ramadan, terkadang membuat orang-orang lupa menjaga kesehatan seperti kurang tidur atau olahraga. Hal ini dapat menurunkan kekebalan tubuh dan memicu berbagai penyakit seperti flu, batuk, radang tenggorokan, serta demam.

Secara alamiah, madu mengandung dextromethorphan dan diphenhydramine, yaitu zat yang dapat mengurangi gejala alergi dan menekan batuk yang biasa terdapat pada berbagai jenis obat batuk. Selain itu, senyawa ini juga bermanfaat dalam meningkatkan kualitas tidur.

Nah, itu tadi manfaat konsumsi madu selama berpuasa. Walaupun konsumsi madu memiliki manfaat yang luar biasa, tapi bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Sebab, madu mengandung kalori tinggi yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, konsumsi secara wajar saja ya. (www.idntimes.com)

ADS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here