Politisi PKS Naik Becak Hadiri Pelantikan Sebagai Anggota DPRK

Penulis ; Fauzan

Politisi PKS Tuanku Muhammad menaiki becak ke gedung DPRK saat menghadiri pengukuhan dirinya menjadi anggota DPRK Banda Aceh periode 2019-2024. Foto : Istimewa
Avertise With Us

ACEHAKTUAL.COM I Banda Aceh – Anggota DPRK terpilih, Tuanku Muhammad di nilai unik saat akan di lantik di ruang paripurna DPRK Banda Aceh, Rabu. (11/9/2019) kemarin.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini merupakan salah seorang dari 30 anggota DPRK Banda Aceh yang terpilih pada Pileg 2019 lalu. Tuanku juga merupakan anggota DPRK termuda, umurnya baru 27 tahun, lahir pada 23 Juni 1992.

ADS | Iklan DI Sini

Kalo biasanya saat akan di lantik, orang akan menggunakan kenderaan terbaik saat akan di lantik dan berangkatnyapun berbarengan dengan keluarga. Bedanya halnya dengan mahasiswa S2 UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini.

Sebelum prosesi pelantikan dimulai, dari rumahnay di kawasan Gp. Langgugop, Kecamatan Syaiah Kuala,  Tuanku menaiki becak ke gedung DPRK saat menghadiri pengukuhan dirinya menjadi anggota DPRK Banda Aceh periode 2019-2024.

Menurut Tuanku, tukang becak merupakan sebuah profesi masyarakat kelas menengah ke bawah. Dengan naik becak, kata Tuanku, salah satu bentuk tidak adanya jarak antara dirinya dengan masyarakat yang telah memilihnya sebagai anggota DPRK Banda Aceh.

“Saya terpilih sebagai anggota dewan karena dipilih oleh masyarakat. Saya tidak ingin masyarakat segan dengan keberadaan anggota dewan. Ini adalah kemenangan kita bersama, bukan kemenangan saya sendiri, karena kita adalah wakil rakyat, di pilih oleh rakyat, untuk mewakili mereka,” ujar Tuanku.

Saat ditanya bagaiaman persaan saat di nyatakan terpilih menjadi anggota dewan, Tuangku mengatakan, Ini adalah rasa bertangungjawab sebagaiamana dalam alquran di katakan, saat meraih kemenangan,  harus banyak beristifar  kepada Allah.

“Apalagi sebagai dewan, kita harus banyak beristigfar dan memohon maaf, mungkin selama ini ada janji, ini harus kita tepati apalagi, kita tadi di sumpah,”ujarnya.

Ketika ditanya seusai pelantikan, langkah pertama yang harus dilakukan, Tuanku mengatakan berupaya langsung turun ke masyarakat , mungkin selama ini ada beberapa permasalahan di masyarakat yang belum terjawab.

“Ini lebih dari menjaring aspirasi masyarakat, mendengarkan apa keluhannya, yang penting nantinya bisa kami bawa ke sidang-sidang selanjutnyta di DPRK, terutama ke Fraksi PKS,”ujar keturunan bangsawan Aceh ini.

Adapun program utama, kata Tuanku, pertama turun ke konstituen atau dapil di mana mereka di pilih, “lalu kita tanyakan apa yang menjadi kendala, kemudian kita ramu kembali,

Tuanku Muhammad menjelaskan, salah satu visi dan misinya di kursi legislatif adalah untuk menyuarakan kepentingan kalangan rakyat kecil. Agar rakyat kecil bisa lebih berdaya dan sejahtera secara ekonomi. Ia mengaku akan terus membuka pintu selebar-lebarnya bagi masyarakat yang ingin menyuarakan aspirasi terhadapnya.

Tuanku berharap, apa yang di amanahkan masyarakat bisa terpenuhi, khususnya kepada anggota dewan dalam satu dapil, harus kompak, mungkin selama bertarung saat kampanye, namun saat duduk di parlemen bisa bersinergi dalam membantu masyakat.

ADS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here