Terkait Kabut Asap Melanda Aceh, Ini Kata BPBA.

Penulis : Fauzan

Avertise With Us

ACEHAKTUAL.COM I Banda Aceh – Terkait kabut Asap yang melanda Aceh, Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) bekerja sama dengan KODIM 0101/BS, POLRESTA Banda Aceh dan Forum Pengurangan Risiko Bencana Aceh, melakukan pembagian sebanyak 10.000 masker kepada pengguna jalan pasca kabut asap kiriman melanda Aceh khususnya di Kota Banda Aceh, Senin (23/9/2019).

Kepala Pelaksana BPBA, Ir. Sunawardi, M.Si bersama staf dilingkup BPBA melakukan pembagian masker kepada masyarakat khususnya pengguna jalan yang melewati Simpang Lima dan Simpang Kodim Kota Banda Aceh dan juga kab/kota yang terdampak.

ADS | Iklan DI Sini

Kalak BPBA mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima BMKG bahwasanya, kabut asap yang melanda sebagian besar kabupaten/kota di Aceh merupakan asap kiriman dari bencana kebakaran hutan dan lahan di beberapa Provinsi lain di Sumatera yaitu Provinsi Riau dan Jambi

Pantauan Titik Panas

Pantauan satelit pukul 07.00 WIB tadi pagi, mempelihatkan bahwa kawasan Aceh masih bebas dari paparan titik panas.

Sebaran angin

Pantauan satelit memperlihatkan arah alir angin dari Tenggara menunuju Barat Laut Pulau Sumatera –melintasi kawasan Aceh–, kondisi ini memperkuat asumsi bahwa aliran C0­2 (asap) mungkin melanda ke beberapa kabupaten/kota dalam wilayah Aceh seperti Kabupaten Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Selatan, Aceh Jaya, Aceh Timur, Aceh Tenggara.

Lalu, Bener Meriah, Aceh Tengah, Simeulu, Banda Aceh, Aceh Besar dan Aceh Barat. Kondisi akan terus berlangsung dalam beberapa waktu kedepan, kecuali terjadi perubahan arah alir angin dan atau turun hujan dengan intensitas tinggi.

Upaya Gerak Cepat Pemerintah Aceh

Sunawardi mengatakan, Plt. Gubernur Aceh menginstruksikan Kepala Pelaksana BPBA untuk terus memantau situasi lapangan dan mengambil langkah strategis termasuk mendistribusikan masker kepada masyarakat.

Sunawardi menjelaskan,Pemerintah Aceh akan terus memantau situasi ini dan jika eskalasi keadaan menjadi lebih buruk maka direncanakan aksi distribusi masker akan dilakukan secara masif dan lebih banyak lagi untuk menjangkau seluruh kabupaten/kota terdampak dengan jumlah akan disesuaikan permintaan atau paling sedikit setiap kabupaten/kota akan menerima sebanyak 10.000 lembar masker.

“Direncakan besok Selasa (24/12) BPBA juga akan mendistribusikan masker dalam jumlah yang memadai (sebanyak 50.000 lembar) ke sekolah-sekolah yang disekitar Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.,”demikian Sunawardi.

ADS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here