20 Siswa SMKN 1 Al Mubarkeya Dilatih Sistem Hidroponik

Penulis : Fauzan

Avertise With Us

ACEHAKTUAL.COM I  Aceh Besar – Sebanyak 20 orang siswa SMKN 1 Al Mubarkeya, Aceh Besar dilatih cara menanam sayur sistem hidroponik. Kegiatan yang berlangsung di area apotik hidup komplek tersebut.Sabtu. (5/10/2019).

Siswa dibekali berbagai pengetahuan dan praktek langsung cara menanam sayuran menggunakan sistem hidroponik. Instruktur pada kegiatan tersebut merupakan salah seorang guru dari SMK PP Negeri Saree Kabupaten Aceh Besar, Irfanda Manulu.

ADS | Iklan DI Sini

Kepada siswa Irfanda menjelaskan, hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.

“Cara menanamnya yaitu siapkan beberapa pipa atau talang dan pompa. Lalu lubangi pipa sesuai dengan panjangnya. Pastikan jarak satu lubang dan lubang yang lain sama. Susun pipa atau talang yang dipersiapkan untuk menjadi tempat menanam tanaman. Siapkan penampung pada ujung pipa yang lebih rendah,” jelas Irfanda.

Langkah selanjutnya kata Irfanda, adalah memasang pompa untuk mengalirkan air nutrisi agar alirannya maksimal. Metode tersebut memiliki konsep dasar menanam akar tanamannya tumbuh pada bagian lapisan nutrisi yang tidak dalam. Teknik tersebut juga menjaga sirkulasinya agar tanaman tetap mendapat nutrisi, oksigen, dan air secara baik dan tercukupi.

Akmalia, salah satu siswa yang ikut pelatihan tersebut terlihat sangat antusias menanam sayuran menggunakan metode hidroponik.

“Saya sangat senang mendapatkan kesempatan mempelajari tentang hidroponik, banyak sekali ilmu pengetahuan yang didapatkan,” ujar Akmalia.

Akmalia mengaku sudah dapat menanam sayuran, yaitu selada dan sawi menggunakan sistem hidroponik. Dia berharap hasil percobaan pada hari tersebut membuahkan hasil.

ADS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here