Aceh Diartikan Bajingan : Nasir Djamil Surati Google

Penulis : Agus Fajri

Nasir Djamil, Anggota DPR RI Fraksi PKS dari Aceh
Avertise With Us

ACEHAKTUAL.COM | Banda Aceh,- Sabtu (19/10/2019) Salah satu platform perusahaan google, yakni google translate melakukan kesalahan domana orang Aceh, di artikan kedalam bahasa jawa dengan kata bajingan. Hal ini membuat viral dan menimbulkan proter dari orang Aceh yang tidak terima dengan hal tersebut.

kata bajingan memiliki arti yang sangat tidak baik serta kasar. Hal ini dapat menimbulan konflik rasial antara orang yang bersuku Aceh dengan Suku Jawa. Tentu hal ini tidak baik jika dibiarkan berlarut-larut. Menyikapi hal tersebut, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera; Nasir Djamil segera melakukan respon cepat.

ADS | Iklan DI Sini

Nasir menyurati perusahaan tersebut dan meminta merea segera memberikan keterangan resmi terkait apa yang tela terjadi. Selain itu nasir juga meminta agar pihak google segera memperbaiki kesalahan tersebut dan mereka harus meningkatkan quality control dari platform google translate tersebut.

Surat dari Nasir djamil untuk Google Corp. Gambar : istimewa

“Tadi siang saya mengirimkan surat kepada indonesia google corporation atas keberatan dari forum masyarakat melayu dan aceh serta postingan surat terbuka saudara Haekal Afifa yang keberatan terhadap terjemahan bahasa jawa ke bahasa indonesia yang cendrung diskriminasi dan rasis terhadap masyarakat aceh”, terang Nasir Djamil

Dan alhamdulillah tadi siang sudah direspon oleh pihak google dan saya sangat mengapresiasi langkah tersebut. Terlebih google sudah mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada seluruh masyarakat aceh dan melayu yang tersinggung dengan terjemahan tersebut, serta sudah berusaha memperbaiki terjemahannya sehingga terjemahannya kembali normal”, politisi yang kerap dipanggil Bang Nasir ini menambahkan.

Tentu langkah ini adalah langkah yang tepat guna menghindari polemik dimasyarakat. Sejauh amatan redaksi telah terjadi perubahan yang setelah surat ini dilayangkan.

Setelah surat protes dilayangkan
ADS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here