2.000 Batu Mulia Siap Di Pamerkan Di Taman Budaya Banda Aceh

Penulis : Fauzan

Festifal Batu, Foto : https://disbudpar.acehprov.go.id
Avertise With Us

ACEHAKTUAL.COM I Banda Aceh – Sekitar 2.000 jenis siap di lombakan dan di pamerkan di Taman Seni dan Budaya Aceh, Banda Aceh yang bertema.” Aceh Kembali Meugiwang”, di gelar pada 9-12 November 2019.

Ketua Pelaksana Festival Batu Mulia, Nasrul Sufi saat di jumpai acehaktual.com, Jumat, (8/11/2019), malam mengatakan, dalam event ini selain menghadirkan sejumlah jenis batu batu juga semua pengasah dan pengrajin batu  di berbagai daerah seperti Banda Aceh, Aceh Barat dan Bireun akan hadir.,

ADS | Iklan DI Sini

“Misalnya, Lhoksumawe dan beberapa kabupaten lain di Aceh penuh dengan pesanan,  untuk asah 2 biji batu saja  harus menunggu sampai seminggu, begitu juga Para pengrajin tempah Perak dan crum Suasa, “ ujar Nasrul.

Menurut Teungku Abang, panggilan sehari, Nasrul, suasana ini menunjukkan bahwa Batu Cincin Aceh sudah mulai membuming kembali.

Dikatakan, mantan Aktifis 98 ini,  peserta Stand Bazar sudah ada 30 stand yang mendaftar, dari berbagai daerah di Aceh dan luar Aceh sementara panitia hanya menyiapkan 20 Stand. 

“Antusias para kolektor batu sudah lama menunggu  even ini terlaksana di Aceh. Khusus peserta dari luar Aceh, kami di perkirakan akan hadir 1 hari sebelm hari H,” ujar Teungku Abang.

Karena itu kata dia, diperkirakan panitia jumlah pendaftar batu kontes mencapai 2000 batu. Panitia sudah mempersiapkan segala sesuatu nya dan sudah 95 persen sudah siap.

Menurutnya, festival batu mulia selain strategi menarik minat pencinta dan kolektor batu di Indonesia, nantinya para kolektor batu juga bisa berwisata di Aceh ke sejumlah destinasi dan objek wisata yang ada.

Teungku Abang juga merincikan, dalam festival tersebut juga akan ada lelang batu-batu terbaik yang bisa diikuti oleh pengunjung atau masyarakat umum.

“Panitia juga mempersiapkan dana pembinaan bagi juara umum sebesar 20 juta rupiah, dan juara dua 10 juta serta juara tiga 5 juta,” kata dia.

Ia merincikan, batu-batu yang akan masuk kontes pada festival “Aceh Kembali Meugiwang” di antaranya kelas Idocrase, kelas Calcedony, kelas Bacan, kelas Batu Gambar, kelas Kalimaya, kelas Panca Warna Kristal dan Badar, kelas Nephrite, kelas Black Jade, kelas Es Jade, kelas Amethis dan Kinyang.

“Juga kelas Bulu Macan dan Klawing/Jasper, kelas Tapak Jalak, kelas Yakut dan Kecubung Wulung, kelas Sulaiman dan Guliga, kelas Batu Raja, kelas Teratai dan kelas Unik Antik,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Jamaluddin menyebutkan, perhelatan festival batu mulia tersebut bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Banda Aceh dan Aceh secara umum.

“Kita target 1.000 pengunjung yang datang ke Aceh untuk meramaikan kontes batu mulia ini, diharapkan dapat mengangkat perekonomian dan kepariwisataan di Aceh,” sebut Jamaluddin, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/11/2019).

ADS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here