Fenomena Gerhana Bulan : Masyarakat Dihimbau Salat Khusuf

0
111
ADS_Area

BMKG mengeluarkan rilis terkait terjadinya Gerhana bulan total pada 31 januari 2018. Menyikapi Hal tersebut, masyarakat Aceh dihimbau melakukan salat khusuf(salat gerhana.red). Hal ini dilakukan sesuai dengan dalil dalam Al Quran surat Al Fushilat ayat 37 Dan juga hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Imam Muslim, dan Imam Ahmad.

Seruan telah dikeluarkan oleh Kemenag Aceh, yang juga melakukan salat serta observasi gerhana. Menurut informasi yang kami peroleh salat akan dilaksanakan di halaman Kantor Wilayah (kanwil) Kemenag Aceh.

Khutbah salat gerhana di halaman kantor Kemenag Aceh
ADS_IMAGE

Selain itu Badan Kemakmuran Mesjid (BKM) Jamik Kampus Unsyiah juga mengajak warga untuk melakukan salat gerhana. Selain itu salat juga dilakukan dimesjid-mesjid secara terpisah namun serentak, pada saat gerhana terjadi.

Gerhana adalah fenomena dimana bulan tertutup oleh bayangan bumi. Akibatnya bulan secara perlahan hilang dari pandangan mata. Menurut sumber yang kami peroleh, awal gerhana penumbra terjadi pada 17:51:15 Waktu Indonesia Bahagian Barat (WIB). Lalu disusul gerhana parsial pada 18:48:16 WIB.gerhana total terjadi pada 21:07:53 WIB. Akhir gerhana parsial pada 22:11:41. Dan gerhana penumbra berakhir pada 23:08:27 WIB.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here