Tradisi Minum Di Aceh Dan Belahan Dunia

0
196
Minum Kopi (Foto : Internet)
ADS_Area

Minum adalah hal yang biasa dilakukan oleh setiap makhluk di dunia. Tentu tidak ada makhluk yang tidak minum. Secara natural bayi manusia akan menangis ketika lahir, karena hendak menyegerakan minum susu. Demikian juga makhluk hidup lainnya. konon semua makhluk lebih mudah bertahan tanpa makanan, daripada tidak memiliki air. Minum merupakan insting untuk bertahan hidup.

Siapa sangka jika ternyata minum juga bagian dari life style. Tidak hanya untuk memenuhi kadar air dalam tubuh, namun sadar atau tidak minum telah menjadi bagian dari gaya hidup. Di berbagai daerah di belahan bumi ada budaya minum untuk setiap momen dalam kehidupan. Saat ingin bersantai, emosional, hingga perayaan sesuatu minum-minum menjadi salah satu cara untuk meluapkan segalanya.

ADS_IMAGE

Ada berbagai tradisi minum yang dipraktikkan orang-orang. Biasanya secara umum terbagi antara minum minuman beralkohol atau non alkohol. Tradisi minum sake di jepang, soju di korea atau vodka di rusia adalah contoh dari tradisi menenggak minuman beralkohol. di indonesia sendiri dikenal istilah tuak yang hampir-hampir sama dengan minuman dari tiga negara tadi. bedanya di indonesia tuak hanya diminum untuk mabuk-mabukan.

untuk yang non alkohol juga sering kita dengar. di jepang dan cina ada upara minum teh yang dilakukan dengan sangat serius. ada ritual dan upacara serta etika-etika tertentu ketika sudah berbicara upacara yang satu ini. Hal tersebut membedakan dengan minum teh biasa yang dilakukan ketika hanya ingin minum. Satu lagi minuman yang tidak hanya memiliki banyak penggemar, namun juga memiliki tradisi minumnya adalah kopi.

Hampir setiap negara di dunia memiliki penikmat kopi. kebanyakan orang minum kopi karena jatuh cinta kepada rasanya, atau karena kebutuhan terhadap cefein untuk menjada mood dalam beraktifitas. Namun semua kebiasaan minum kopi meliputi waktu, tempat serta bagaimana menikmati kopi secara umum di berbagai negara pada akhirnya membentuk sebuah kebiasaan atau yang kita kenal dengan istilah tradisi.

Misalnya di Jerman, ada istilah Gabelfrühstück. Kata tersebut bermakna “sarapan kedua” istilah untuk minum kopi pada jam istirahat kerja. Istilah sarapan kedua, karena saat jam ini orang-orang akan menikmati kopi sambil memakan kue-kue sebagai pendamping secara santai. Sedangkan sarapan pertama adalah sarapan pagi yang dilakukan secara singkat, seperti sekedar minum kopi atau memakan makanan dengan cepat.

Tradisi hampir sama juga ada di Selandia Baru. Namanya Smoko. sejarahnya bermula dari kemenangan pekerja disana yang menuntut adanya jam istirahat kerja. Hal ini merujuk kepada kebiasaan istirahat para pekerja untuk minum kopi dan merokok saat pagi dan makan siang. Sekarang istilah smoko dikenal disana untuk setiap jeda minum kopi dan menikmati cemilan.

Negara Ethiopia memiliki tradisi yang serius dalam minum kopi. Buna Tetu adalah tradisi minum kopi untuk bersosialisasi dalam masyarakat di sana. Persiapan acara ini bisa sampai 3 kali sehari, dan memakan waktu hinga 3 jam. Hal ini merupakan budaya yang sangat penting di negara tersebut. bahkan ada semacam ritual budaya minum kopi dimana kopi disuguhkan kepada tuan oleh para pembantu, atau nyonya-nyonya terhadap keluarganya.

Tradisi unik minum kopi diberbagai negara sepertinya memiliki kesamaan. Yaitu untuk mengisi jam bersantai atau istirahat sambil menikmati cemilan. Hal yang sama juga kita lihat di indonesia secara umum. khususnya aceh ada 3 waktu minum kopi yang juga berdasarkan kepada jam istirahat dan sarapan. Istilah “jep kupi” di Aceh merujuk kepada acara minum-minum kopi.

Saat sarapan pagi kopi menjadi pilihan umumnya orang Aceh sebagai teman sarapan. Demikian juga dengan jam istirahat antara pagi dengan siang, atau sore hari antara asar dengan magrib, atau pada malam hari setelah lelah bekerja, maka sebagian orang akan memilih bersantai di warung kopi. Di Aceh, jam minum kopi juga menjadi ajang bersosialisi dan menikmati kudapan-kudapan ringan.

Aceh memang unik dengan minuman khasnya yaitu kopi. Jumlah warung kopi juga bertebaran dimana-mana. Jika hendak disamakan dengan korea, maka seperti banyaknya kedai soju dikorea. Sangat mudah untuk ditemukan.

 

 

 

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here