Pasta Kacang Mie Caluk Yang Adiktif

1
243
Sambal (Pasta) kacang yang menjadi inti dari cita rasa Mie caluk (Foto : Internet)
ADS_Area

Bagi para penggemar kuliner mie caluk, sepertinya akan sangat paham soal peran pasta alias sambal kacang dalam mie caluk. Kalau anda hendak menikmati mie caluk, apapun jenisnya, pasti dihidangkan bersama siraman pasta kacang yang rasanya itu “adiktif”. Well, mungkin itu kata yang lebih tepat untuk menggambarkan lezatnya yang bikin kamu merasa mau makan lagi besok.

Gurih kacang bercampur rasa pedas dan manis cabai serta gula aren yang ditumbuk bersamaan. Dipadu dengan rasa campuran asam jawa yang menyegarkan, ditambah juga dengan rempah-rempah lainnya menyatu membuat rasa yang  benar-benar membuat ketagihan. Begitu menyentuh lidah, maka liur akan segera memenuhi rongga mulut dan menambah cita rasa makanan yang dikunyah.

ADS_IMAGE

Keahlian membuat sampal kacang ini menjadi pertaruhan bagi para penjual mie caluk atau pecal. Kesempurnaan olahan pasta akan menjadi faktor penentu dagangan akan laris mansi dan diingat orang. Diingat disini bermakna besok pembeli yang sama akan kembali dan berlangganan karena setelah merasakan untuk pertama kalinya.

Mie caluk dengan dasar mie lidi lengkap dengan siraman sambal kacang.(Foto : Istimewa)

Adiktif adalah kata yang digunakan untuk zat terlarang. Dimana zat adiktif membuat orang akan ketergantungan. Efek yang mirip terjadi pada pasta kacang ini, meski tidak berarti anda akan ketergantungan dalamm maksud akan berbahaya jika tidak ada. Bukan adiktif seperti narkoba.

Rasa adiktif disini lebih kepada kepuasan yang mencapai tahap ingin mengulang lagi, mecoba sekali lagi dan akhirnya berlangganan tiap hari. Hal ini kerap terjadi ketika siapa saja mencoba mie caluk dan menemukan penjual yang tepat. Orang memiliki bakat dan dapat menjaga cita rasa dagangannya.

Tidak dapat untuk menolak, anda akan memilih penganan dengan sambal kacang satu ini. Biasanya di Aceh penganan dengan tambahan pasta kacang sering menjadi menu pembuka seperti sarapan pagi atau berbuka puasa jika Ramadan. Kalau untuk sahur, rasanya atau makan malam rasanya seperti tidak akan cocok untuk perut meski persepsi saja.

Faktanya makanan yang dilezatkan oleh pasta kacang ini dijual di aceh dan daerah asalnya, pidie seabgai makanan sarapan, berbuka puasa, atau teman kopi saat jam istirahat kerja. Lontong pecal, pecal (pucai), mie caluk adalah makanan yang tidak sah tanpa pasta kacang. Mereka hanya jadi lontong sayuran, dan pecal pun hanya mejadi sayur rebusan. Apa lagi mie caluk, tanpa sambal satu ini maka bukanlah mie caluk yang sebenarnya.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here