Seribu Ton Beras Dari Aceh Untuk Suriah

0
281
Husaini Ismail, Branch Manager ACT Aceh saat melakukan konferensi pers terkait pengiriman seribu ton beras dari aceh untuk suriah. Foto : Agus
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM | BANDA ACEH – Rabu, (11/4/2018) Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh melakukan Konferensi Pers mengumumkan wacana pelepasan beras yang akan di berangkatkan ke Suriah. Acara pelepasan akan dilakukan sekalian dengan Tabligh Akbar di Mesjid Raya Baiturrahman pada hari Minggu (15/4/2018).

“Beras tersebut merupakan hasil sumbangan dari masyarakat Aceh dan Seluruh Indonesia. Beras sejumlah 1000 ton tersebut setara dengan 10 milyar. Beras tersebut melibatkan penanaman padi dengan lima ribu petani di 9 kabupaten di Aceh. lebih penting lagi beras yang akan dikirim merupakan kualitas premium”; terang Husaini, Branch Manager ACT Aceh dalam konferensi pers di Bin Hamid Cafe.

ADS_IMAGE

Selain itu, kita juga membeli beras dari petani. Aceh kan sedang panen raya, dan kita beli dengan harga normal. Ada manfaat ganda dari program ini, dimana selain dirasakan oleh saudara kita muslim di Suriah, juga dirasakan oleh para petani di Aceh. ini sesuai dengan yang dikatakan Allah dalam Al Quran, jika kita memudahkan urusan saudara kita, maka Allah akan memudahkan urusan kita”; lanjut Husaini

Program Kapal Kemanusian Untuk Suriah ini, memunculkan awarenes dari para petani untuk suriah. Mereka senang terlibat dalam program ini, selain padinya dibeli dengan harga layak, mereka juga berkesempatan untuk membantu saudaranya sesama muslim. “program ini memicu simpati para masyarakat Aceh terhadap kondisi disana”; kata husaini.

“Masyarakat Aceh sangat antusian melepas pemberangkatan kapal kemanusiaan untuk Suriah ini. Mereka senang bantuan ini berawal dan dihimpun dari Aceh. Sebagai wujud syukur kita akan melaksanakan tabligh akbar. akan hadir ulama-ulama baik nasional maupun ulama Aceh. Kita juga sedang mengupayakan agar kedutaan Turki bisa ikut berhadir, karena nantinya beras ini akan disalurkan melalui pertabasan antara Turki dengan suriah”; Husaini menambahkan.

Beras tersebut akan di kirim ke Suriah via darat dengan 5 truk kontainer, untuk diberangkatkan ke Suriah. Pengapalan dilakukan di pelabuhan Belawan, nantinya akan diberangkatkan dan berlabuh di pelabuhan iskandariet Turki. Kemudian akan melanjutkan perjalanan via darat melalui turki menuju Suriah.

ACT sudah memiliki gudang penyimpanan disana. beras tersebut akan diberangkatkan dari Belawan pada 21 april 2018 nantinya. “Insya Allah, beras ini akan sampai dan dirasakan manfaatnya oleh para pengungsi Suriah pada bulan Ramadhan nanti”; terang Bambang Triyono selaku Direktur Global Humanity Response ACT.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here