Kota Jantho Akan Di Bangun dengan Tiga Keunggulan.

Penulis : Fauzan

0
345
Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menggelar seminar sehari memperingati HUT Kota Jantho ke-34 di Aula Gedung Seni Kota Jantho, Rabu (2/5/2018). Foto : Humas Pemkab Aceh Besar.
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM | Banda Aceh : Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali, menegaskan, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar akan membangun Kota Jantho pada tiga keunggulan, yaitu sektor pariwisata, pendidikan dan olahraga.

Hal ini terbukti, kesiapan Aceh Besar menjadi tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Aceh (PORA) ke-13 yang dijadwalkan akan berlangsung 18 November 2018 mendatang di Kota Jantho.

ADS_IMAGE

Hal tersebut ditegaskan Ir Mawardi Ali ketika menjadi salah satu narasumber pada seminar sehari memperingati HUT Kota Jantho ke-34 di Aula Gedung Seni Kota Jantho, Rabu (2/5/2018). 

Selain Mawardi Ali, narasumber lainnya adalah Drs Sayuthi Is MM (mantan Bupati Aceh Besar periode 1998-2002), dan Dr Ir Mirza Irwansyah MBA (Rektor ISBI Aceh). Kegiatan tersebut dihadiri unsur Forkopimda, Sekdakab Drs Iskandar MSi, para staf ahli bupati, asisten Setdakab Aceh Besar, para kepala SKPK, para camat, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Ketua penyelenggara yang juga Plt Kepala Bappeda Aceh Besar Ir Zakaria MT menjelaskan, seminar sehari tersebut mengusung tema “Kota Jantho Dahulu, Sekarang, dan akan datang.

Sementara Drs Sayuthi Is, memaparkan sejarah tumbuhnya Jantho menjadi ibukota Kabupaten Aceh Besar, sedangkan Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali membahas judul pembangunan Kota Jantho periode 2017-2022. 

“Kota Jantho tidak dapat memainkan fungsi utamanya sebagai ibukota Kabupaten Aceh Besar, karena kondisinya yang tidak didukung dengan rencana pembangunan jaringan infrastruktur transportasi,” ujar mantan Bupati Aceh Besar ini.

Selain itu, tidak berimplikasi kepada  ketidakmampuannya dalam memberikan aksesibilitas, yang baik dan mudah untuk semua wilayah kecamatan di Kabupaten Aceh Besar.

“Jantho juga belum bisa memainkan fungsinya dengan baik sebagai penghubung wilayah Kabupaten Pidie – Jantho Keumala dan kawasan barat selatan.”sebutnya.

Begitu juga, kata Sayuthi dengan koridor Jantho-Lamno sebagaimana yang direncanakan dalam konsep awal strategi pemilihan Kota Jantho sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru, sekaligus ibukota Kabupaten Aceh Besar juga tidak jalan.

Untuk itu, Sayuthi Is menyarankan agar pengembangan Kota Jantho, harus dikembalikan ke konsep awal, dijadikan Kota Jantho sebagai jangkar utama penghubung dengan kawasan regional.

saat ini.

 

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here