Wagub Buka Rakor Kependudukan se-Aceh

Penulis : Fauzan

0
70
Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, membuka acara Rapat Koordinasi Kependudukan se-Aceh di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Banda Aceh, Rabu (2/5/2018). Rapat tersebut diselenggarakan untuk  mewujudkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) di Aceh. (Foto : Humas Pemerintah Aceh)
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM | Banda Aceh: Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, membuka Rapat Koordinasi Kependudukan se-Aceh di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Rabu (2/05/2018).

Nova menyampaikan kependudukan merupakan isu strategis yang sering  diperbincangkan di berbagai tempat, dan sarat akan persoalan politik, terutama saat menjelang Pemilu atau Pilkada.

ADS_IMAGE

Persoalan kependudukan kata Nova begitu rumit karena banyak persoalan administrasi. Hal itulah yang membuat langkah pengintegrasian berbagai aspek kependudukan ke dalam perencanaan pembangunan merupakan pekerjaan besar yang harus diwujudkan.

“Kehadiran Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013 sebagai perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan sebenarnya telah menetapkan beberapa perubahan signifikan dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan,” kata Nova.

Nova mengatakan semua kebijakan dalam UU tersebut perlu diosialisasikan agar  dapat dipahami dan diimplementasikan di semua daerah.

“Rakor ini adalah salah satu upaya yang kita lakukan untuk menyosialisasikan dan meningkatkan pemahaman aparatur terhadap kebijakan kependudukan yang baru ini,” kata Nova.

Selain itu, Nova juga mengajak seluruih kabupaten/kota dan provinsi untuk meningkatkan peran masing-masing agar dapat menyelenggarakan semua  kebijakan kependudukan dengan baik.

Nova berharap, rakor kependudukan mampu memberi pencerahan kepada aparatur di Aceh dalam rangka menemukan solusi terkait untuk memecahkan berbagai masalah administrasi kependudukan, sehingga kampanye untuk mewujudkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) dapat terlaksana dengan baik di Aceh.

Rakor tersebut turut dihadiri Dirjen Kependudukam dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah, SH, MH, Kepala Dinas Registrasi Kependudukan Aceh, Drs. Umar Dhani, M.Si serta sejumlah pejabat lainnya.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here