Jantho Akan Di Jadikan Kota Mandiri.

Penulis : Fauzan

0
69
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM | Jantho : Wakil Bulati Aceh Besar, Tgk. Husaini A. Wahab mengatakan Kota Jantho akan di jadikan kota mandiri sehingga akan membawa kemaslahatan umat.

“Cita-cita kita bersama menjadikan Kota Jantho yang merupakan ibu kota kabupaten Aceh Besar ini menjadi kota mandiri. “ ujar Tgk. HusainiA. Wahab atau di kenal demgan sapaan Waled saat upacara HUT Kota Jantho yang ke 34 Tahun, di Kota Jantho, Kamis. (3/5/2018).

ADS_IMAGE

Menurut Waled, pengertian mandiri adalah mandiri secara ekonomi dan fisik, penduduknya bermukim dan berkiprah dalam kegiatan penghidupannya di dalam kota ini sendiri sehingga tidak menciptakan mobilitas keluar wilayah kota. 

“Kota Mandiri dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dan dapat berperan sebagai pusat pengembangan wilayah sekitar.”kata Waled.

Dikatakan Waled, tidak hanya menjadikan kota yang mandiri namun juga terus di upayakan untuk menjadikan kota Jantho sebagai kota yang terbingkai syariat islam. 

“Kita terus berupaya melakukan penguatan Syariat Islam di Kota yang kita cintai ini. Syari’at Islam yang dilaksanakan meliputi aqidah, syar’iyah dan akhlak.” sebut Waled.

Adapun salah satu bagian lebih lanjut dari pelaksanaan syari’at Islam, sebut Waled, meliputi jinayah (hukum pidana). Qanun jinayat ini merupakan kesatuan hukum pidana yang berlaku bagi masyarakat Aceh yang dibentuk berdasarkan nilai-nilai syari’at Islam. 

Kemudian, Qanun Jinayat mengatur tentang Jarimah (perbuatan yang dilarang oleh syariat Islam), pelaku jarimah, dan uqubat (hukuman yang dapat dijatuhkan oleh hakim terhadap pelaku jarimah).

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here