5 Makanan Yang Cocok Dimakan Saat Berbuka Kala Musim Hujan

Penulis : Fauzan

0
381
Foto : resepyummy.com
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM | Banda Aceh : Musim hujan kini melanda Kota Banda Aceh dan sekitarnya. Udara yang terasa dingin pastinya membuat masyarakat yang menjalankan ibadah puasa tentu merasa senang, karena tidak terasa haus dan lapar.

Selain itu kita pun merasa malas melakukan aktivitas harian dan lebih memilih untuk berada di rumah bahkan tidur diatas kasur. Biasanya, untuk menyiasati udara dingin, orang-orang akan menyantap makanan atau minuman hangat dengan banyak rempah. Selain dapat menghangatkan suhu tubuh, menyantap makanan hangat akan membuat tubuh lebih bertenaga.

ADS_IMAGE

Hal itu tidak mungkin kita lakukan, saat lakukan karena saat ini dalam kondisi bulan puasa. Namun bias di santap saat berbuka agar badan kita tetap fit. Berikut makanan yang lezat dan bisa meningkatkan imun tubuh, bertenaga, dan tetap segar saat berpuasa berikut ini acehaktual.com merangkum lima makanan yang cocok disantap saat berbuka di musim hujan.Apa saja?

  1. Sup Tomat.

Sup tomat. Disajikan dalam keadaan panas. Rasa asam dari tomat akan membuat badan terasa lebih segar dan bertenaga. Selain itu tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini akan membantu menjaga kesehatan tubuh karena sifatnya yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2  Cokelat Panas dengan Marshmallow

Cokelat panas efektif membuat badan lebih segar di tengah udara yang akhir-akhir ini tidak menentu. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan berupa polifenol yang dapat menghalau radikal bebas dan virus-virus berbahaya.  Dicampur dengan marshmallow yang kenyal dan manis, cokelat panas dapat meningkatkan energi serta membuat suasana hati lebih tenang dan terkontrol.

3 Soto

Soto cocok dinikmati saat udara dingin, rempah seperti batang serai, merica, bawang, jahe, dan kunyit efektif meningkatkan kesehatan sehingga badan tidak mudah terserang penyakit. Saat badan mulai terasa lemas dan menggigil, mengkonsumsi semangkuk soto yang hangat akan membuat kamu lebih berenergi.

4 .Sup Ayam

Kudapan yang terbuat dari kaldu ayam, sayuran, dan daging ini merupakan sajian yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Dihidangkan dalam keadaan panas, sup ayam akan membuat badan dan tenggorokan menjadi lebih hangat dan nyaman. Selain itu merica sebagai salah satu rempah utamanya dipercaya dapat meredakan pilek dan demam. Kandungan flavonoid serta capsaicin pada merica dapat membantu meningkatkan kesehatan serta meredakan hidung tersumbat.

5. Mi Tek-tek

Ini dia salah satu menu favorit mahasiswa dan anak kost. Terbuat dari mi dengan campuran bumbu dan aneka sayuran, mi tek-tek sangat cocok disantap saat udara dingin menyerang. Seperti merica, tambahan cabai merah yang mengandung capsaicin pada mi tek-tek juga efektif menurunkan gejala pilek yang bisa membuat aktivitas harian terganggu.

 

 

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here