BPBA Gelar FGD Kebencanaan

Penulis : Fauzan

0
87
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM | Banda Aceh : Badan Penanggulangan Bencana Aceh melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Rancangan Akhir Rencana Strategis (Renstra) BPBA 2018-2022 dengan BPBD Kabupaten/kota, Unsur Pengarah BPBA, Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Aceh dan RAPI Aceh di Aula Kantor BPBA, Banda Aceh pada Selasa (26/6/2018).

Tujuan FGD ini adalah untuk menggali masukan dari pihak terkait mengenai rancangan akhir Renstra BPBA, dan rancangan Renstra ini bisa menjadi acuan kebijakan dasar bagi BPBD Kabupaten/Kota untuk menyusun Renstranya di daerah.

ADS_IMAGE

Kepala Pelaksana BPBA, HT Ahmad Dadek SH mengatakan arti pentingnya pembahasan Renstra dengan semua pihak agar adanya konsistensi antara dokumen perencanaan dengan antara pusat, propinsi dan kabupaten/kota. 

“BPBD juga harus menyusun Renstra di kabupaten/kota dengan mendukung capaian Gubernur Aceh,” ujar Dadek.

Dadek juga memberikan saran-saran kepada BPBD kabupaten/kota bagaimana memanfaatkan dana kebencanaan yang ada di Aceh yaitu Dana Otonomi Kabupaten/Kota dan Dana yang ada di DPA BPBA. 

Tidak semua BPBD Kabupaten/kota mendapat alokasi dana DOKA (Dana Otonomi Khusus Aceh) padahal BPBD masih membutuhkan dana yang besar untuk pengadaan peralatan seperti mobil pemadam kebakaran, alat pemadam kebakatan lahan, resque dan lainnya, sedangkan untuk fisik pembangunan Gudang, Pos Pemadam Kebakaran, Gedung Evakuasi, kendaraan Resque, kendaraan angkut relawan dan dapur umum.

Sedangkan dana di APBA dapat dimanfaatkan oleh BPBD dengan cara harus masuk melalui Musrenbang, kemudian syarat tanah, DED dan RAB juga harus ada

“Banyak BPBD Kabupaten/Kota yang tidak memanfaatkan Musrenbang untuk mendapatkan dana kebencanaan di APBA”ujar Dadek.

Acara FGD ini merupakan kegiatan akhir dari rangkaian kegiatan penyusunan Renstra BPBA 2018-2022 dan hasil masukan dalam FGD ini nantinya akan dimasukan untuk Penyempurnaan akhir Rancangan Renstra BPBA. 

 

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here