Galakkan Kembali Budidaya Leumo Aceh

Penulis : Fauzan

0
81
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM | Aceh Besar : Koperasi beng Mawah (BMW) bekerjasama dengan Koperasi SieBreuh, Bank Aceh Syariah dan BPTU HPT menyelenggarakan pelatihan budi daya sapi Aceh.

Pelatihan tersebut diarahkan untuk meningkatkan kembali motivasi peternak Aceh dalam menggalakkan kembali budidaya sapi Aceh. Kamis. (18/10/2018)

ADS_IMAGE

Pelatihan tersebut difasilitasi oleh ahli peternak di BPTU-HPT Indrapuri selama dua hari untuk 70 peternak.

Kepala balai BPTU-HPT Indrapuri, Vierman mengungkapkan BPTU HPT menjadi balai untuk memurnikan kembali sapi Aceh, karena dewasa ini tren pertumbuhan sapi Aceh semakin menurun, begitu pula daya minat peternak juga dikalahkan oleh semakin tumbuh minat memlihara sapi seperti Brahma, Limosin dan lainnya.

“ Kita perlu bangun lagi pengetahuan tentang sapi Aceh, sebenarnya keuntungan jauh lebih tinggi daripada sapi lainnya karena selain daya tahan sapi yang tinggi, sapi Aceh juga memiliki keunggulan tidak terlalu banyak mengonsumsi pakan,”ujarnya.

Karena itu, kata Vierman, nantinya akan diperbaiki system budidaya yang lebih intensif dan memastikan nutrisi dan protein pakan cukup maka produksi sapi aceh jauh lebih menguntungkan.

Sementara itu, Ketua Koperasi Beng Mawah (BMW), pelatihan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas peternak adalah guna meningkatkan produksi.

Ini otomatis dapat meningkatkan pendapatan keluarga, maka keluarga peternak tersebut dapat memenuhi kebutuhan keluarga terutama memastikan makanan yang bergizi, pendidikan dan kesehatan bagi seluruh anggota keluarganya.

“Perdamaian yang sudah 13 tahun perlu kita pastikan terciptanya lapangan kerja, jadi peternakan dan pertanian adalah sector yang dapat menjawab itu semua karena 70 % masyarakat kita hidup di sector ini, “terang Juanda.

Juanda menjelaskan lebih lanjut,” BMW dan Koperasi SieBreuh bersepakat untuk menjadikan kecamatan Sukamakmur kembali menjadi sentra sapi Aceh sebagaimana pengalaman sebelumnya, hal tersebut sangat berpeluang, karena Sibreh terkenal dengan pasar ternaknya, lahan yang tersedia cukup luas dan budaya berternak juga sangat tumbuh.

 

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here