Tiga Titik Api Di Aceh Barat Belum Dapat Di Padamkan

Penulis ; Fauzan

0
67
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM | Banda Aceh : Tiga titik api akibat kebakaran lahan hutan di Aceh Barat belum juga dapat di padamkan hingga , Rabu. (30/1/2019). Pkl. 18.00 wib.

Kebakaran hutan itu sendiri terjadi pada, Selasa.(29/1/2019) di tiga titik pad satu kecamatan di Kabupaten Aceh Barat.

ADS_IMAGE

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek menyebutkan, tiga titik api tersebut yakni di kecamatan Johan Pahlawan, yakni, Gp. Lapang, dengan titik koordinat N. 4.12’4″ , E. 96.6’29”, Gp. Leuhan, dengan titik koordinat N. 4.12’37” , E. 96.6’46” dan Gp. Suak Raya.

“Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan, namun informasi dari masyarakat bahwa api terlihat sudah dalam keadaan membesar dan  membakar lahan gambut, pada Selasa, (29/1/2019).” ungkap Dadek.

Adapun dampak dari bencana tersebut, kata Dadek, Gp. Lapang, luas lahan yang terbakar mencapai 4 Ha, Gp Leuhan, 2 Ha dan Gp. Suak Raya mencapai 1 Ha.

Saat ini, Tim TRC BPBD  Aceh Barat bersama Kabid Kedaruratan dan Logistik, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Sekretaris BPBD, serta Kasi Kesiapsiagaan masih memantau perkembangan di lapangan, dengan sarana prasarana yakni 1 (satu) unit armada DAMKAR, 1 (satu) unit Mesin Alcon BPBD, dan 14 (empat belas) Batang Selang.

Regu 3 DAMKAR mengerahkan 2 (dua) unit Armada Damkar 05 dan 06 dikerahkan untuk melakukan upaya pemadaman, dibantu oleh POLRES Aceh Barat, KODIM 0105 Aceh Barat, Polsek Johan Pahlawan, Koramil Johan Pahlawan, POLHUT, Anggota RAPI, dan unsur masyarakat.

“Alhamdulillah akibat kebakaran hutan ini, tidak ada korban jiwa dan tidak ada warga yang mengungsi.” sebutnya.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here