Plt. Gubernur Minta BPMA Berdayakan Masyarakat Setempat

Penulis : Fauzan

0
71
Plt Kepala BPMA, Azhari Idris. Foto : Fauzan
ADS_Area


ACEHAKTUAL.COM I Banda Aceh : Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meminta Badan Pengelolaan Migas Aceh (BPMA) untuk meningkatkan peningtajan ekonomi masyarakat setempat.

‘Karena itu BPMA terus melakukan penguatan pengetahuan terkait minyak dan gas (migas) bumi Aceh guna meningkatan sumber daya manusia (SDM),” ujar Nova dalam sambutannya yang di bacakan Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Iskandar dalam acara buka puasa bersama dan santunan anak yatim piatu di Kantor BPMA, Banda Aceh, Selasa.(28/5/2019)

Seperti di lansir dari antaraaceh.  BPMA , harus meningkatkan fungsi pengendalian dan pengawasan terhadap kontrak kerja kegiatan usaha hulu agar pengelolaan sumber daya alam minyak dan gas bumi yang berada di darat dan laut di wilayah kewenangan Aceh.

“Bulan Ramadhan ini menjadi momentum untuk memperkuat kinerja dan mendorong UMKM bertumbuh kembang dikawasan eksploitasi migas melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR),” kata Iskandar.

BPMA dibentuk melalui Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 2015 tentang Pengelolaan Bersama Sumber Daya Alam Minyak dan Gas Bumi di Aceh untuk melaksanakan ketentuan Pasal 160 ayat (5) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh.

PMA merupakan Badan Pemerintah di bawah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan bertanggung jawab kepada Gubernur dan Menteri ESDM yang mempunyai tugas melakukan pelaksanaan, pengendalian, dan pengawasan terhadap kontrak kerja sama kegiatan usaha hulu agar pengelolaan sumber daya alam minyak dan gas bumi yang berada di darat dan laut di wilayah kewenangan Aceh dapat memberikan manfaat dan penerimaan yang maksimal bagi negara untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Sementara Plt Kepala BPMA, Azhari Idris menyampaikan, provinsi paling barat Indonesia memiliki ke khususan dibandingkan daerah lainnya di Indonesia dan ia yakin jika potensi itu digarap dengan maksimal maka berpeluang meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Aceh itu memiliki ke khususan untuk mengelola blok migas yang berada di daerah, 0 sampai 12 mil laut mendapat bagi hasil hingga 70 persen dan diatas 12 mil laut mendapatkan 30 bagi hasil,” kata Plt Kepala BPMA Azhari Idris

ADS_IMAGE

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here