Cek Mada : Mahar Rp. 1 Milyar Itu Hal Yang Wajar dan Akan Kita Pertanggungjawabkan

Penulis : Fauzan

0
251
Ketua Steering Commite (SC) Musprop Kadin Aceh, Muhammad Mada atau lebih di kenal Cek Mada Foto : Fauzan
ADS_Area

Cek Mada : Mahar Rp. 1 Milyar Itu Hal Yang Wajar dan Akan Kita Pertanggungjawabkan

Persayaratan  bagi calon Ketua Kadin Aceh dalam Musyawarah Provinsi (Muprov) VI yang akan berlangsung 18-19-2019 di Banda Aceh yang mengharuskan calon peserta menyetor  Rp. 1 Milyar menjadi perdebatan dan tanda tanya sejumlah tokoh di Aceh.

ADS_IMAGE

Mereka menilai dana Rp. 1 Milyar itu tidak sehat dan tidak rasional, bahkan ada menilai persyaratan itu terkesan kurang baik dan di luar kepatutan.

Berikut wawancara acehaktual.com, Rabu, 13/6/2019 dengan Ketua Steering Commite (SC) Musprop Kadin Aceh, Muhammad Mada atau lebih di kenal Cek Mada :

Baimana anda menjawab tudingan itu?

Kami menanggapi santai aja, karena ini internal kami, itu hak kami mengatur rumah tangga kami sendiri, ketentuan itu kami yang tentukan. Pada pihak-pihak lain yang tidak berkenan  itu hak mereka, namanya aja zaman reformasi, kita tampung saran-saran mereka, tapi kita mempunyai pertimbangan yang lebih khusus, kita tahu, kenapa ada angka sebesar itu, tapi saya pikir, kalau untuk usaha Kadin, enggak besar itu, mungkin, bagi kita secara personal  ya, tidak ada uang. Mungkin kalo di tingkat nasional itu sampai 50 milyar

Untuk menjadi ketua Kadin?

Habis Rp. 50 Milyar itu untuk satu calon, kalo kita ini bukan uang sogok, ini uang konstribusi terbuka ke publik, sekarang saya tanya, ada organiusasi yang jalan sudah puluhan tahun, kita tidak tahu sumber danya dari mana, pernah kita komplain? Tapi kita tidak perlu sebut nama. Itu uang dari mana itu?, siapa pemberinya kita tidak tahu, tapi kita ini jelas penyumbangnya,dari anggota Kadin, anggota kita sendiri

Apakah nanti akan kita buat pertangungjawaban?

Kita lakukan yang terbaik buat Kadin, dan akan kita pertanggung jawabkan. Ada kelebihan nantinya kita kasih kepengurus Kadin terpilih nantinya,  bukan saya bawa ke rumah, kalo kita buka-bukaan, kita dialog saja, siapa transparan, kami atau ada yang terima di bawah meja, tapi kita tidak usah sebutlah.

Kalo dikatakan kita tidak ada etika, etika itu siapa yang melihat. Kayak bicara keadilan, apakah, misalnya kita punya dua anak, satu umur lima tahun, satu umur 15 tahun, lalu yang umur lima tahun kita kasih Rp. 10 ribu. Lalu  yang umur 15 tahun kita kasih, Rp. 10 ribu, lalu itu dikatakan adil.? Oo tidak, adil itu sesuai kebutuhan, yang umur 5 tahun butuhnya Rp. 5 ribu, yang umur 15 tahun butuhnya Rp. 15 ribu?

Apakah ini melanggar ADRT?

Oo tidak, ini ada aturannya.

Artinya keputusn ini di benar kan?

Di benarkan, di seluruh indonesia,

Apakahh di provinsi lain ada seperti itu?

Ya seperti itu, bahkan nasional, Enggak usah jauh, baru-baru ini pemilihan Ketua HIPMI Aceh, tahun lalu, HIPMi juga mensyaratkan seperti itu, HIPMI itukan cucu nya Kadin, bukan anak, tapi cucu, HIPMi mensyaratkan Rp. 200 juta, boleh konfirmasi ke Ketua HIPMI, ini kok tidak pernah di (diangkat) persoalkan?. Kok itu diangkat?. Hari ini yang perlu diangkat, adalah masyarakat bisa t pigur-pigur yang maju, lalu pigurnya kita kritik, kalo si A yang maju, kelemahnnya ini, kelebihnnya itu, bukan mempersoalkan uang.

Berapa orang yang menjadi peserta?

Sekitar 60 suara, dari 23 kabupaten/kota. Masalah calon ini kita lihat sampai  tanggal 15 Juni 2019 yang sudah mendaftar 5 orang dan pendaftarannya sudah di tutup.

Boleh kami minta profilnya?

Sekarang belum ada, mereka memberikan semua persyaratan itu semua, pada tanggal 15/6/2019.

Siapa yang buka acara?

Yang buka PLT Gubernur Aceh yang di hadiri oleh Ketua Umum Kadin pusat.

Siapa yang di undang dalam cara ini?

Pengusaha Aceh yang ada di Jakarta dan Sumatera Utara.

Lain siapa Cek?

Ada Pak Edi Ramayadi, (Gubernur Sumatera Utara), nantinya kita berikan kesempatan untuk melakukan diskusi panel, dengan PLT Gubernur Aceh, dengan tema “Sinergitas Antara Aceh dan sumatera Utara.

Persiapan Musprop kita sudah sampai diman?

Persiapan itu sudah mencapai 70 persen,  Insya Allah acara ini sukses, apalagi ada dukungan penuh dari  Plt Gubernur yang luar biasa, apalagi beliu juga mantan pengurus Kadin Aceh, artinya beliu betul-betul tahu apa itu Kadin

Apakah Kadin sebelumnya ada diundang?

Saya juga pengurus Kadin lama, jadi kita undang Firmandes, kita sekarang tidak ada blok-blok lagi lah, kita terbuka.

Siapa aja calon ketua kadin yang telah mendaftar?

Ada lima calon, Syaid Isa (dari Aceh Barat), Makmur Budiman, SE (Banda Aceh), H. Nahrawi Nurdin, (Banda Aceh), H. Hazwan Amin (Banda Aceh) dan Nora Idah Nita (Aceh Tamiang).

.

Apakah kita ada putra mahkota?

Secara kepanitiaan kita tidak ada, Cuma kalo personal-personal kita pasti ada, personal masing-masing, jadi kelima calon itu punya kesempatan yang sama.

Apakah dari 5 orang tersebut memenuhi persyaratan?

Belum, nanti setelah pada tanggal 15 Juni 2019, kita akan Verivikasi faktual, lalu pada tanggal pada 17 Juni 2019, kita umumkan siapa saja yang lolos untuk di pilih menjadi menjadi ketua pada tanggal 18 Juni 2019.

Apa harapan anda dair Musprop?

Mudah-mudahan acara ini lancar,sempurna, dan terpilih ketua baru seperti yang kita harapkan. Artinya membela dunia usaha itu yang penting, kalo Cuma tarik iuran anggota semua bisa, jadi yang penting ada enggak peran Kadin yang membantu dunia usaha.

persyaratan baginpara calon Ketua Kadin Aceh yang mendaftar dan diwajibkan menyetor uang kontribusi Rp 1 miliar yang akan dinyatakan hangus (tidak dikembalikan lagi), menurut Tgk Faisal Ali, sapaan akrab Lem Faisal, menunjukkan kesan kurang baik.



Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Calon Ketua Kadin Aceh Wajib Setor Dana Kontribusi Rp 1 Miliar, Begini Tanggapan Lem Faisal, https://aceh.tribunnews.com/2019/06/12/calon-ketua-kadin-aceh-wajib-setor-dana-kontribusi-rp-1-miliar-begini-tanggapan-lem-faisal.
Penulis: Misran Asri
Editor: Jalimin

Ketua Steering Committee (SC) Musprov Kadin Aceh, Muhammad Mad



Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Nahrawi Noerdin Ramaikan Bursa Pencalonan Ketua Kadin Aceh, https://aceh.tribunnews.com/2019/06/11/nahrawi-noerdin-ramaikan-bursa-pencalonan-ketua-kadin-aceh.
Penulis: Misran Asri
Editor: Hadi Al Sumaterani

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here