Pemkab Aceh Besar Peusijuk 534 Jamaah Calon Haji

Penulis : Fauzan

0
47
Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali melakukan peusijuek (tepung tawar-red) JCH Aceh Besar, di Masjid Jamik Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Minggu (14/7/2019). Foto : Humas Pemkab Aceh Besar
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM I Banda Aceh –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melakukan pelepasan dan peusijuek (tepung tawar-red) 534 Jamaah Calon Haji (JCH) di Masjid Jamik Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Minggu (14/7/2019).

JCH  Aceh Besar akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda,  Aceh Besar. Para tamu Allah SWT tersebut masing-masing tergabung dalam kloter 02, 04, 05, 08, 09 dan kloter 12 Embarkasi Banda Aceh.

ADS_IMAGE

Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali dan Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab, serta pejabat lainnya mempeusijuek JCH Kabupaten Aceh Besar. Pada kesempatan itu, Bupati Aceh Besar juga memberikan bungong jaroe (bingkisan) kepada JCH

Mawardi Ali mengatakan, seluruh jamaah calon haji yang dipilih oleh Allah pada tahun ini untuk berangkat ke tanah suci, ini merupakan rahmat yang luar biasa. Untuk itu, Ia berharap keberangkatan ini benar-benar karena Allah SWT dan menjaga perjalanan para jamaah hingga sampai ke tanah suci.

“Dalam menunaikan ibadah haji, para jamaah agar dapat memanfaatkan momentum ini untuk bisa secara maksimal melaksanakan ibadah dan rukun haji serta fokus beribadah,”harap  Mawardi Ali.

Mawardi Ali juga berharap kepada semua JCH untuk menjaga kesehatannya selama berada di tanah suci, karena kondisi di tanah Air dengan kondisi di tanah suci itu berbeda, baik iklim, maupun budayanya, juga alamnya beda.

 “Untuk itu, jagalah kesehatan karena haji membutuhkan kekuatan fisik yang prima, perbanyak minum dan makan buah-buahan, karena disana sangat panas,”.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Besar, H Abrar Zym SAg menyebut JCH Aceh Besar yang akan berangkat pada pada musim haji 1440 H sebanyak 534 orang (208 laki-laki dan 325 orang perempuan).

“Jumlah JCH yang berangkat tahun ini meningkat dibanding tahun-tahun lalu, sedangkan waiting list (daftar tunggu) per 12 Juli 2019 porsi Propinsi Aceh  mencapai 175.119 orang, untuk Aceh Besar 10.597 orang dengan masa tunggu 26 tahun,” jelasnya.

Menurutnya, JCH Aceh Besar yang akan berangkat ke tanah suci pada tahun ini terbagi dalam 6 kloter masing-masing kloter 02 (8 JCH), kloter 04 (169 JCH), kloter 05 (24 JCH), kloter 08 sebanyak 200 JCH, kloter 09 (98 JCH) dan kloter 12 sebanyak 28 JCH.

 “Mereka berangkat dari Embarkasi Banda Aceh mulai tanggal 24 Juli 2019 melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang Aceh Besar,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Akbar juga menyarankan kepada masyarakat yang niat berhaji agar tidak memikirkan daftar tunggu 26 tahun, akan tetapi silahkan mendaftarkan terus dari sekarang, siapa tau nanti ada penambahan porsi keberangkatan, karena setiap tahunnya ada sekitar 60.000 orang se-indonesia yang batal berangkat, otomatis nomor kita akan naik.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here