Lansia 74 Tahun Suwandi, Asal Lhokseumawe Meninggal Dunia

Penulis : Fauzan

0
55
Suwandi (dalam tandu) saat sampai di Rumah Singgah Pemerintah Aceh yang dikelola oleh BPPA, setelah dijemput dari Pesantren Kiayi Maksum, Kampung Cibuni, Palasari, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 17 Juli 2019 kemarin. (Foto: BPPA/ Saifullah S)
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM I – Innalillahi wainnailaihi rajiun. Warga Aceh asal Lhoksumawe, Suwandi, (74) tahun, yang sebelumnya tinggal di pesantren Kiayi Maksum di Kampung Cibuni, Palasari, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat karena sakit berat, telah menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Persahabatan di Jalan Persahabatan Raya, Pisangan, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Kamis, (18/7/2019) sekira pukul 15.50 WIB.

“Sebelum dipulangkan, beliau terlebih dulu mendapatkan penanganan karena kondisi beliau yang tidak memungkinkan untuk naik pesawat. Namun takdir berkata lain,” ujar Kepala BPPA, Almuniza Kamal melalui Ka. Subbid Hubungan Antar Lembaga dan Masyarakat BPPA, T. Syafrizal,

ADS_IMAGE

Almuniza menjelaskan, sedianya lansia yang selama ini ikut pengajian di Pesantren Kiayi Maksum tersebut akan dipulangkan ke daerah asalnya di Jalan Listrik, Dusun Blang Malo, Kelurahan Hagu Selatan, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe hari ini. 

“Sudah lebih dari 10 tahun ini beliau ikut mondok (belajar mengaji) di Pesantren Kiayi Maksum tersebut. Dalam 10 tahun tersebut, baru lima bulan ini beliau mulai sakit keras,” jelasnya, seperti diungkap Kiayi Maksum.

Suwandi menghembuskan nafas terakhirnya akibat dari gagal napas tipe satu, disebut juga gagal napas hipoksemik. Selain itu, semasa perawatan, Suwandi juga mengalami gagal ginjal.

“Dengan ini, kami menyampaikan bahwa bapak. Suwandi, di daerah Bogor yang sejak kemarin ditangani oleh BPPA dan diantar untuk dirawat di RS Persahabatan Jakarta, pada sore ini sekitar pukul 15.50 WIB telah meninggal dunia. Untuk ini BPPA akan membawa pulang jenazah almarhum ke Lhoksumawe,” ujar Almuniza.

Rencananya, jenazah Suwandi akan dibawa pulang dengan pesawat Garuda, Selanjutnya, fasilitasi penjemputan dan pengantaran jenazah ke Lhoksumawe akan ditangani oleh Dinas Sosial Aceh.

“Atas kejadian ini, kita ikut berbelangsukawa sedalam-dalamnya. Dan bagi keluaga yang ditinggalkan, agar tabah dan sabar,” kata Almuniza.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here