Antisipai Bahaya Kebakaran BPBA Gelar Workshop

Penulis : Fauzan

0
72
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM I Banda Aceh – Dalam rangka menimalisir bencana kebakaran di Provinsi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) untuk pertama kalinya menyelenggarakan Workshop Pemadam Kebakaran Pemukiman Wilayah Barat Selatan.

Kegiatan berlangsung selama 3 hari, 23 –  25 Juli 2019 yang bertempat di Hotel Grand Arabia Banda Aceh. Kegiatan ini secara resmi dibuka langsung oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh H.T. Ahmad Dadek, SH, Selasa ((23/7/2019) malam.

ADS_IMAGE

Kegiatan workshop dilaksanakan dengan metode presentasi, diskusi, praktek dan simulasi. Adapun peserta yang mengikuti Acara ini berasal dari BPBD Kota Banda Aceh, DPKP Kota Banda Aceh, BPBD Aceh Besar, BPBD Kota Sabang, BPBD Aceh Jaya, BPBD Aceh Barat, BPBD Nagan Raya, BPBD Abdya, BPBD Aceh Selatan, BPBD Subussalam, BPBD Aceh Singkil dan BPBD Simeulue.

Dalam Kegiatan ini BPBA juga menghadirkan 4 (empat) Narasumber yang berasal dari dalam dan luar Daerah Aceh, yaitu H.T. Ahmad Dadek, SH (Kepala Pelaksana BPBA), Hendi Kurniawan, ST, MM (DPKP Kabupaten Bandung),Hazairin (DPKP Kota Banda Aceh) dan Fazli, SKM, M.Kes (PLT. Kasie Kedaruratan BPBA).

“Pentingnya upaya pencegahan kebakaran melebihi upaya penanggulangannya. Harus di pelajari bagaimana kebakaran terjadi, penjalarannya, dan bagaimana cara pencegahan dan penanggulangannya. “ ujar Dadek kepad pesert workshop.

Karena itu peserta perlu juga didiberikan pemahaman  untuk memiliki kesadaran tentang pentingnya meningkatkan perilaku keseharian dalam pencegahan kebakaran.

Lebih lanjut dijelaskan pula beberapa sarana dan prasarana peralatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran termasuk cara penggunaannya.

“Mencegah dan mengatasi kebakaran bukan hanya tanggung jawab Dinas Pemadam Kebakaran saja, tetapi masyarakat secara umum wajib ikut serta untuk mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran terutama di lingkungan kerja atau di rumah masing-masing.”kata Dadek.

Melalui adanya kegiatan ini diharapkan seluruh peserta mampu bekerja dengan cepat, tanggap, disiplin dan sesuai dengan prosedur.

Selain itu peserta juga harus mampu mengetahui dan menguasai tentang alat pemadam kebakaran beserta cara penggunaannya, karakteristik bahan bakar, bahaya ledakan dan pengendaliannya, bahan cair mudah terbakar, analisa resiko kebakaran serta tanggap darurat kebakaran.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here