Sebelum APBA-P Di Bahas Dewan Tolak Rancangan KUA PPAS 2020

Penulis : Fauzan

0
63
Ketua Fraksi Partai Aceh Iskandar Usman Al-Farlaky . Foto : Fauzan
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM I Banda Aceh – Sebelum APBA perubahan 2019 di di bahas, Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menolak untuk menerima Rancangan Kebijakakan Umum Anggaran dan Prioritas Platfon Anggaran Sementara (KUA PPAS) 2020 yang telah diberikan Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA). 

Ketua Fraksi Partai Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky menegaskan dewan akan membahas usulan KUAPPAS 2020 setelah permasalahan APBA Perubahan selesai.

ADS_IMAGE

“Memang mereka menyerahkan KUA PPAS 2020 itu secara administratif melalui pak Sekwan oleh tim TAPA,” kata Iskandar Usman kepada wartawan usai menggelar konferensi pers di ruang Banggar DPRA, Minggu (28/7). 

Karenanya, anggota Banggar ini, dewan harus mengembalikan dokumen rancangan KUA PPAS 2020 tersebut ke Pemerintah Aceh.

Iskandar menambahan, persoalan carut marutnya proses realisasi APBA 2019 lebih penting diselesaikan terlebih dahulu. Mengingat, besar ancaman apabila APBA 2019 tidak terealisasikan dengan baik, maka Aceh akan kembali terjadi Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA). 

“Kami menganggap lebih penting penyelesaian masalah ancaman Sengkarut Silpa APBA 2019 ini, maka kami putuskan juga untuk mengembalikan (KUA PPAS 2020) dalam bentuk surat kepada pihak eksekutif,” tutur Iskandar. 

Menurutnya, permasalahan realisasi APBA 2019 ini merupakan persoalan yang cukup besar, dan pihaknya tidak ingin terjadi benturan hukum kedepannya. Apalagi seluruh proses dan tahapan telah dilakukan.  karena itu perlu di bahas lebih lanjut,

“Ini masalah besar, semua proses kita sudah lalui, kita juga tidak mau persoalan pembahasan ini berbenturan dengan hukum,” ungkapnya. 

Direncanakan saat Plt Gubernur sudah kembali dari Amerika, akan dimusyawarahkan kembali.

“Mengenai sengkarut Silpa mencapai Rp1,8 triliun di tahun 2019, kami belum menerima laporan resmi dari TAPA, karena itu kita akan mengundang Plt Gubernur dan tim TAPA untuk duduk bersama, mencari jalan keluar, dan menanyakan kembali komitmen eksekusi APBA dari tim TAPA,” demikian Iskandar. (ADV)

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here