Fenomena Langit Dan Matahari Merah

Penulis : Agus Fajri

0
72
Matahari nampak merah meski sudah tinggi. Biasanya hanya terjadi ketika baru terbit atau hendak terbenam. Foto diambil di Kawasan Aceh Besar. Foto : Agus
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM | Aceh Besar,- Belakangan viral di dunia maya terkait unggahan netizen tentang langit berwarna merah di siang hari. Demikian juga dengan matahari yang terlihat berwarna merah. Biasanya femomena ini terjadi hanya pada saat matahari hendak terbit, atau terbenam saja. Tidak pernah terjadi pada saat matahari sudah tinggi, atau minimal sepenggalah naik.

Hal ini sebenarnya fenomena alam yang wajar terjadi, mengingat kebakaran hutan yang menimbulkan kabut asap tebal hampir di seluruh wilayah. Sinar matahari yang terhalang kabut asap, serta diteruskannya sinar merah yang dibiaskan oleh unsur karbon dan nitrogen dalam udara. sehingga matahari nampak redup kemerah-merahan, atau langit seperti memerah.

ADS_IMAGE

Namun fenomena ini juga tidak bisa dianggap sepele. Menandakan bahwa dalam udara pencemaran oleh kedua zat tersebut sudah tinggi. Tentu ini berbahaya bagi kesehatan. Demikian juga polusi akibat asap sudah pada tahap kritis. Sehingga perlu untuk menjaga diri dari potensi lemas, ispa, sesak. Demikianlah terkait fenomena langit memerah atau matahari merah pada siang hari.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here