Peringatan Hari Statistik, Nova : Gunakan Hashtag #MencatatIndonesia

Penulis : Fauzan

0
35
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM I Banda Aceh – Memperingati Hari Statistik Nasional tahun 2019, seluruh pegawai Badan Pusat Statistik di seluruh Indonesia bakal mendengungkan hastag #MencatatIndonesia, tepat pukul empat sore nanti.

“Gunakan hashtag #mencatatindonesia. Mari kita tunjukkan pada dunia bahwa masyarakat Indonesia siap mencatat Indonesia,” kata Nova Iriansyah, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh saat membacakan sambutan Ketua Badan Pusat Statistik Sunaryanto, dalam peringatan Hari Statistik Nasional tahun 2019 di Banda Aceh, Kamis 26/09.

ADS_IMAGE

Unggahan konten SP2020 (sensus penduduk 2020) yang dilanjutkan dengan hastag #MencatatIndonesia itu bakal disiapkan oleh Biro Humas masing-masing kantor BPS di seluruh Indonesia.  Kampanye bersama itu dilakukan dengan harapan masyarakat tahu bahwa di tahun depan sensus penduduk secara online akan dilakukan perbaikan Februari 2020.

Peringatan HSN tahun 2019 mengangkat tema Menuju Indonesia Maju dengan SDM dan Data Berkualitas. Tema itu sejalan dengan program prioritas pemerintah pusat, yaitu pembangunan SDM dengan menitikberatkan pada kesehatan, pendidikan, vokasi, lembaga dan manajemen talenta. 

Nova Iriansyah mengatakan, data statistik menjadi sangat penting sebagai landasan menyusun kebijakan di berbagai bidang. “Peran BPS sebagai penyedia official statistik sangat penting di tengah membanjirnya data dengan volume, jenis dan kecepatan yang luar biasa,” kata Nova. Big data itu, kata Nova, harus dimanfaatkan untuk membangun satu data di Indonesia. 

Prinsip satu data Indonesia itu sangat penting agar terciptanya keseragaman dalam standar data, kepemilikan metadata, pemenuhan kaidah interoperabilitas dan penggunaan kode referensi serta data induk.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here