Pemuda Penduduk Langit

Penulis : Tuanku Muhammad; Ketua Fraksi PKS Banda Aceh. Editor : Agus Fajri

0
150
ADS_Area


ACEHAKTUAL.COM,- Sejak tahun 1959 setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari sumpah pemuda. Satu hari nasional bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 tentang sumpah pemuda. Dibuatkan khusus untuk memperingati peristiwa Sumpah Pemuda.

ADS_IMAGE

Mulai saat itu Berbagai agenda kepemudaan selalu diadakan guna mengajak para pemuda Indonesia untuk bangkit dan bersama-sama menjadi tulang punggung bangsanya kedepan. Tanpa pemuda maka bangsa besar ini mungkin saja masih terjajah dan tertindas oleh bangsa lain.

Namun pertanyaannya adalah masih adakah pemuda Indonesia yang rela dan mau berkorban dengan mengerahkan segenap jiwa dan raganya untuk bangsa Indonesia ini? Pemuda seperti apakah yang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia saat ini agar mampu bersaing dengan bangsa-bangsa besar lainnya?.

Untuk pertanyaan pertama tentu jawabannya masih ada. Hal itu bisa dilihat dari masih adanya anak muda Indonesia yang gemar belajar dan berlatih untuk memberikan prestasi terbaiknya demi keharuman nama besar bangsa Indonesia. Ada banyak anak muda Indonesia saat ini yang terus berkiprah untuk memajukan Indonesia di mata dunia.

Tapi tentu saja, ada banyak juga pemuda Indonesia saat ini yang masih terlena. Mereka membuang-buang waktu mudanya untuk hal yang tidak berguna, serta bisa merusak diri dan negara Indonesia. Seperti terlibat di narkoba, kejahatan, dan prilaku-prilaku merusak lainnya.

Adapun untuk pertanyaan kedua, pemuda yang diharapkan oleh bangsa ini bisa bercermin dari aktivitas para penduduk langit. Penduduk langit disini diartikan adalah orang-orang yang kegiatannya mondar mandir melalui aktivitas dunia penerbangan. Dari dunia penerbangan kita belajar akan kedisiplinan, kebersihan, keteraturan, kenyamanan, dan keramahan. Dunia penerbangan sangat jauh berbeda dengan tranportasi angkutan daratan yang terkadang jauh dari nilai-nilai tersebut diatas.

Menghubungkan dengan hal diatas, maka pemuda Indonesia yang diharapkan saat ini adalah mereka yang memiliki semangat penduduk langit. Mereka yang memiliki integritas yang tinggi, berdisiplin. Punya visi yang jauh kedepan serta spritualitas yang bagus. Orang yang memiliki jaringan luas dan bersemangat dalam menatap masa depannya.

Dengan kualitas pemuda Indonesia seperti ini, maka tidaklah mustahil jika kedepan Indonesia mampu bersaing dengan bangsa-bangsa besar. Apalagi kedepan Indonesia akan memiliki bonus demografis. Tentu ini semua akan menjadi peluang untuk Indonesia yang semakin maju.

Akhirnya, melalui peringatan hari sumpah pemuda tahun 2019 sudah saatnya pemuda Indonesia bangkit dan terus semangat untuk berada di garda terdepan dalam menjadi patriot bangsa.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here