Dinas Pariwisata Aceh Akan Berikan Anugerah wisata Halal

redaksi

0
28
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM I Banda Aceh – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbubpar) Aceh akan memberikan anugerah wisata halal Aceh 2019 di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Jumat (6/12/2019) malam mendatang

Kepala Dinas Disbudpar Aceh Jamaluddin dalam keterangan persnya, Rabu (4/12/2019) mengatakan acara sebagai  upaya menjadi kan Aceh sebagai salah satu daerah yang mendukung wisata halal.

ADS_IMAGE

”Ini sebagai upaya meningkatkan wisata halal di Aceh terus kita tingkatkan, dengan cara melakukan berbagai kampanye di daerah wisata. kebersihan toilet tempa ibaddah,”katanya.

Menurut nya ini sebagai upaya mendukung Destinasi Wisata Halal Unggulan. Anugerah ini bertujuan untuk memberikan penghargaan serta memotivasi pelaku usaha untuk melakukan sertfikasi halal terhadap produk maupun usahanya kemudian akan meningkatkan jumlah amenitas Halal di Aceh sekaligus untuk menarik kunjungan wisatawan Muslim.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan launching logo atau brand wisata halal Aceh yang baru.

“Pemberian anugerah ini untuk memberikan apresiasi kepada orang-orang yang sudah berjasa dalam mengembangkan wisata halal,” katanya.

Ada tujuh katagori yang dinilai sudah mengembangkan konsep wisata halal.

Yaitu katagori hotel halal, restoran hotel halal, restoran/rumah makan halal, souvenir halal, bandara halal, penggiat sertifikasi halal, dan travel halal. 

“Kita harapkan dengan kita memberikan apresiasi ini ada spirit baru dari mereka. Artinya bukan hanya terima penghargaan tapi bisa mempengaruhi teman-teman lain supaya usaha percepatan pengembangan wisata halal terus bisa kita tingkatkan,” ujarnya.

Sementara Ketua Tim Percepatan Wisata Halal Aceh, Dr Iskandarsyah Madjid SE MM menjelaskan proses penilaian terhadap penerima penghargaan dilakukan dengan beberapa tahapan.

Pada intinya, sektor usaha yang mendukung wisata. “Misalnya hotel atau kuliner yang berada di lokasi wisata atau yang menjual produk khas Aceh. Apakah mereka sudah menerapkan konsep wisata halal. Kedua konsistensi pengurusan sertifikasi halal, jadi dua hal itu menjadi fokus kita dalam penilaian,” katanya.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here