Sekda Pijay : Kepala Sekolah Harus Mandiri Dan Bermartabat

Penulis ; Fauzan

0
50
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM I Banda Aceh – Sebanyak 20 peserta  Calon Kepala Sekolah (CKS) mengikuti diklat calon kepala sekolah dengan pendekatan IN 2 = 30 jam total 300 jam.

Ini merupakan tahapan terakhir dari Diklat Calon Kepala Sekolah yang digelar di Aula Bupati Pidie Jaya. IN 2 yang  dilakasanakan selama 3 hari dari tanggal 10 – 13 Desember 2019.

ADS_IMAGE

Diklat tersebut, para peserta harus mempresentasikan hasil rencana tindak kepemimpinan (RTK) dan rencana tindak lanjut (RTL), selama di sekolah magang 1dan magang 2.  In 2  tersebut disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pidie Jaya Drs. H. Abd Rahman Puteh, SE, MSi dan di dampingi oleh Kepala Dinas pendidikan Pidie Jaya.

Sekda meminta kepada peserta Diklat Calon Kepala Sekolah agar serius mengikutinya, sehingga menghasilkan sebuah komitmen dan kesamaan pemahaman menuju terwujudnya peningkatan kualitas sekolah yang unggul dan peserta didik berakhlak mulia.

“Kita harapkan mereka mampu membuka cakrawala dan wawasan berpikir, agar hadir iklim pendidikan yang bermartabat.,” harap Abd Rahman.

Menurutnya peralihan kepala sekolah sebagai manager harus mampu meningkatkan dan mengembangkan mutu sekolah,  jangan ikuti yang salah apalagi membenarkan yang biasa, tetapi biasakan yang benar.

“Hari ini pendidikan Pidie Jaya sudah semakin membaik, itu berkat kerja keras kita semua. Karena itu kepala sekolah harus mandiri dan bermartabat dalam melakukan perencanaan dan pengelolaan sekolah nantinya,” harapnya.

Dalam membentuk guru sebagai kepala sekolah, mareka harus mampu  memimpin dan mengelola sekolah, salah satu tahapannya adalah diklat calon kepala sekolah.

“Hal ini sejalan dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.  Dalam hal ini memuat mekanisme penyiapan kepala sekolah, seleksi administrasi, seleksi subtansi dan Diklat Calon Kepala Sekolah yang pada hari ini akan dilaksankan,”paparnya. .

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here