Tol Banda Aceh-Sigli Ruas 4 Bisa Dipakai Saat Mudik Lebaran 2020

Redaksi

0
53
Proyek JTTS di Aceh, ruas tol Banda Aceh-Sigli, ditargetkan akan beroperasi penuh Desember 2021. Liputan6.com/Athika
ADS_Area

Banda Aceh – Pemerintah melalui Kementerian PUPR terus mengebut pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Salah satu proyek JTTS di Aceh, ruas tol Banda Aceh-Sigli, ditargetkan akan beroperasi penuh Desember 2021.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menyatakan, jalan tol Banda Aceh-Sigli seksi 4, yang menghubungkan Blang Bintang ke Indrapuri dan sebaliknya, minimal bisa dipakai fungsional saat mudik Lebaran 2020 mendatang.

ADS_IMAGE

“Lebih kurang seksi 4, April 2020 dan kalau mau dipakai saat mau Lebaran, mungkin sudah bisa, sekurang-kurangnya fungsional ya. Tapi yang lainnya ya 2020 dan 2021,” ujar Danang kepada wartawan, sebagaimana ditulis Minggu (23/2/2020).

Menurut data Hutama Karya, progress pengerjaan tol Banda Aceh-Sigli sendiri secara keseluruhan sudah mencapai 29,76 persen dengan progress pembebasan lahan mencapai 61,61 persen.

Seksi 4, Indrapuri-Blang Bintang jadi ruas yang paling siap beroperasi dengan progress konstruksi mencapai 77,8 persen dan pembebasan lahan 99 persen.

Untuk seksi 1, Padang Tiji-Seullimeum, pembebasan lahannya baru 12,7 persen dan konstruksinya baru 1 persen. Sedangkan seksi 2, Seullimeum-Jantho, lahannya sudah 81,68 persen dengan kontruksi mencapai 24,2 persen.

Sementara, seksi 3, Jantho-Indrapuri pembebasan lahannya sudah mencapai 95,9 persen dengan progress konstruksi 42,2 persen. Seksi 5, Blang Bintang-Kuto Baru konstruksinya baru 7,8 persen dengan progress pembebasan lahan 17,9 persen.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres fisik pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 km tepatnya di Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang pada Jumat (21/2/2020) kemarin.

Jokowi menilai pembebasan lahan pembangunan jalan tol pertama di Aceh tersebut berjalan dengan sangat baik sehingga diharapkan pekerjaan konstruksi dapat selesai sesuai target pada 2021.

“Alhamdulillah jalan tol Banda Aceh menuju Sigli sepanjang 74 km pembebasan tanahnya berjalan dengan sangat baik. Dirut PT Hutama Karya menyampaikan pembebasan lahan (seksi IV) sudah rampung, justru tinggal konstruksinya yang tertinggal,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (22/2/2020).

Dikatakan Presiden, lancarnya pembebasan lahan tidak terlepas dari peran semua pihak, utamanya dari Pemerintah Daerah dan kontraktor yang dapat menjelaskan dengan baik kepada masyarakat.

“Ini baru 14 bulan berjalan termasuk cepat, Insya Allah seksi 4 Tol Banda Aceh-Sigli pada libur Lebaran 2020 sudah bisa dipakai,” ujar Jokowi.

Berdasarkan data, saat ini progres konstruksi jalan tol yang dibangun sejak akhir 2018 dengan skema penugasan Pemerintah kepada PT Hutama Karya tersebut secara keseluruhan adalah 29,76 persen. Khusus di Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13,5 km progres konstruksinya saat ini 77,85 persen dan ditargetkan rampung sebelum Idul Fitri 2020.

“Diharapkan seksi 4 dapat operasional, tapi sekurang-kurangnya dapat fungsional tanpa tarif pada Lebaran 2020,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit

Dengan rampungnya seksi 4 tersebut dapat mempermudah akses dari Banda Aceh ke Sigli dan sebaliknya dari Sigli-Indrapuri ke Bandara Udara Internasional Sultan Iskandar Muda yang berada di Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.(liputan6.com)

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here