Cegah Virus Corona, IDI Aceh Himbau Enam Cara

redaksi

0
63
Ketua IDI wilayah Aceh, Dr dr Safrizal Rahman MKes SpOT dalam Konferensi pers di Banda Aceh, Senin (2/3/2020). Foto : dokumen pribadi
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM I Banda Aceh –  Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Aceh, merilis himbauan terkait penyebaran virus Corona (Civid-19) di Indonesia kepada seluruh masyarakat di Aceh.

Ini enam Himbauan IDI Aceh :

ADS_IMAGE

Pertama, masyarakat di minta agar tetap tenang. Kedua, IDI Wilayah Aceh Aceh dan IDI Cabang se-Aceh akan sekuat tenaga dan kemampuan mengawal dan mengawasi penyebaran COVID-19 di Aceh.

Ketiga, masyarakat diminta untuk melakukan upaya pencegahan dengan cara sebagai berikut:

“Pertama, cuci tangan dengan sabun dan air sedikitnya selama 20 detik, gunakan hand sanitizer yang setidak mengadung 60 persen alkohol jika air dan sabun tidak tersedia,” kata Safrizal.

Kedua, Hindari menyetuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang belum di cuci. Ketiga, sebisa mungkin hindari kontak dengan orang yang sedang sakit Corona.

Ke Empat, Apabila ada mengalami gejala seperti flu, gunakan masker medis, tetap tinggal di rumah, atau segera ke fasilitas kesehatan yang sesuai, hindari banyak melakukan aktivitas di luar rumah.

Ke lima, tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin dengan mengunakan tissue. Buang tisu pada tempat yang telah ditentukan.

Ke enam, bersihkan dan lakukan disinfeksi secara rutin pada permukaan dan benda yang sering disentuh. Ke tujuh,  bersalaman tanpa menyetuh tangan,” katanya.

Kemudian sambungnya lagi, untuk poin ke empat, meminta masyakat untuk  tingkatkan daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup serta kosumsi air putih yang cukup serta kosumsi  multivitamin jika perlu.

Sedangkan poin ke lima, dia meminta masyarakat untuk menghindari berpergian jika tidak diperlukan di tempat keramaian.

“Terakhir, kami juga meminta masyarakat mendengar perkembangan COVID-19 dari intasi yang berwenang dan sumber berita resmi yang dapat dipercaya,” ujarnya.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here