Ini Fakta Kondisi Pendidikan di Pedalaman Aceh

redaksi

0
215
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM I Banda Aceh – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi, berharap lembaga pendidikan di pedalaman Aceh untuk menyiapkan SDM local yang mampu berkiprah untuk membangun daerah di masa depan.

Hal ini disampaikan Syech Fadhil, demikian sosok ini biasa disapa, dalam silaturahmi dengan jajaran civitas akademika STAIN Teungku Dirundeng, Selasa, (9 /3/2020). Kunjungan ini sendiri dalam rangka reses senator muda asal Aceh itu di wilayah tengah dan barat selatan Aceh.

ADS_IMAGE

Reses ini berlangsung hampir 10 hari lamanya. Dalam kunjungan itu, Syech Fadhil menerobos sejumlah pedalaman di wilayah tengah dan Barsela.

“Dalam sejumlah tempat yang kami kunjungi, terutama di pedalaman, pengajarnya kurang, terutama yang berasal dari daerah setempat,” kata Syech Fadhil.

“Ada beberapa PNS yang ditempatkan di sekolah pedalaman, saya tanya, kebanyakan dari mereka pasti ingin pindah. Ini mengapa saya harapkan agar sekolah-sekolah mengembleng anak-anak setempat agar kelak mereka bisa menyambung pendidikan tadi untuk adik-adik mereka di masa depan,” ujar Syech Fadhil lagi.

Kata Syech Fadhil, pemerataan pembangunan di pedalaman Aceh harus dimulai dengan akses pendidikan. Pendidikan dinilai menjadi ujung tombak dalam pembangunan di Aceh.

“Namun persoalan yang terjadi, banyak pendidikan yang mengabdi di pedalaman Aceh berharap suatu saat diangkat jadi PNS. Usai lulus PNS, minta pindah ke daerah yang dekat dengan tempat tinggalnya,” ujarnya.

Persoalan ini, kata dia, menjadi hal yang serius serta harus menjadi pembahasan ditingkat pengambil kebijakan di Aceh.

“Solusi salah satunya, adalah menyiapkan SDM local untuk daerah daerah pedalaman. Nantinya mereka yang meneruskan di sana. Tak mungkin mereka pindah karena di sana mereka lahir dan dibesarkan,” kata Syech Fadhil.

Demikian juga dengan perguruan tinggi di wilayah tengah dan barat selatan Aceh.

“Peran perguruan tinggi, sangat penting untuk persoalan ini. Saya berharap STAIN Meulaboh bisa menjadi penggerak untuk masalah tadi,” ujarnya lagi.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here