KIA,Pemerintah Perlu Menyusun Protokol Komunikasi dalam Penanganan Covid-19 di Aceh

redaksi

0
50
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM I Banda Aceh- Komisi Informasi Aceh (KIA) menyampaikan apresiasi ataskomitmen pemerintah Aceh beserta jajarannya dalam menghadapi penyebaran viruscorona. Pemerintah Aceh menurut kami telah mengambil langkah-langkah yangcepat, tepat dan terukur dalam mencegah penularan virus corona di Aceh, Jumat(13/03/2020).

KIA berharap, dalam penanganan kasus virus Corona di Aceh, perlu adalangkah sinerji oleh pemerintah Aceh dan Kabupaten/Kota, terutama terkaitprosedur komunikasi. Kepada Media, KIA menyampaikan beberapa hal yang pentingdilakukan oleh Pemerintah Aceh.  

ADS_IMAGE

Wakil Ketua Komisi Informasi Aceh (KIA), Arman Fauzi menjelaskanbahwa pemerintah Aceh hendaknya menerbitkan protokol komunikasi. Hal inipenting agar masyarakat tidak terkesan bingung dengan pernyataan darimasing-masing pejabat yang terkait. Mesti ada pihak yang ditunjuk dan diberikewenangan untuk menyampaikan informasi resmi ke publik.  

“Tentu informasi yang disampaikan merupakan informasi yang sudahterverifikasi dan dilakukan secara kontinyu. Masyarakat berharap informasi yangdisampaikan itu dapat meredakan kekhawatiran publik. Sebagai contoh, informasimengenai pemakaian masker untuk mencegah penularan virus corona,” Jelas Armandalam siaran persnya.  

Arman juga menambahkan, di tingkat masyarakat terjadi pemahaman yangberbeda, disebabkan ada perbedaan statemen dari beberapa pejabat terkait. Pemerintahdiharapkan juga meningkatkan edukasi kepada masyarakat dan petugas kesehatan,baik petugas kesehatan di fasilitas Rumah Sakit maupun tenaga kesehatan yangada di tiap puskesmas.

“Edukasi kepada masyarakat ini penting agar masyarakat mampumemperbaiki pola hidup bersih dan mencegah penularan setempat. Selain itu,setiap petugas kesehatan di daerah diharapkan mampu dibekali denganpengetahuan, ketrampilan dan sarana pendukung dalam menangani pasien yangdiduga terinveksi atau pasien dalam pengawasan,” tambah Arman.  

Wakil Ketua Komisi Informasi Aceh ini juga berharap bahwa PemerintahAceh mampu membangun kolaborasi dengan seluruh komponen yang ada, baikinstitusi pemerintah maunpun di luar pemerintah seperti ulama, organisasisosial dan organisasi profesi dalam mencegah penularan setempat virus corona diAceh. 

“Kami sangat berharap semoga Pemerintah Aceh dan Kabupaten/Kotaserta masyarakat Aceh dapat mencegah dan menangani krisis penularan viruscorona secara baik di Aceh,” tutup Arman. 

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here