Juanda Djamal : Pentingnya Partisipasi masyarakat dalam pencegahan Covid 19

0
142
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM I Aceh Besar – Ketua Fraksi PA DPRK Aceh Besar Juanda Djamal mengatakan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menghadapi pencegahan virus Covid-19 ini.

“Sia-sia kebijakan pemerintah jika tidak ada partisipasi warga. Jadi, peran para geusyik dan mukim dakam menjaga lingkungan sangat lah penting.” Ujar Juanda dalam keterangannya kepada acehaktual.com,  Sabtu. (4/4/2020).

ADS_IMAGE

Sebelumnya, Juanda bersama warga Kemukiman Lamlheu, Sukamakmur, Aceh Besar yang bekerjasama dengan puskesmas Sukamakmur, imum mukim, para keuchik dan pemuda serta remaja masjid sekemukiman Lamlheu, melakukan sosialisasi tentang bahaya dan upaya pencegahan sebaran virus Covid 19.

“Jadi apa yang dilakukan mereka menjadi contoh bahwa mereka memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan. Menariknya, aksi ini dilakukan secara gotong royong oleh warga, bukan hanya menyemprot disinfektan ternyata juga membersihkan lingkungan,” ujarnya.

Dalam diskusi kecil dengan warga, sepakat masyarakat tetap melakukan aktifitas ekonomi, seperti jadwal turun ke sawah dapat dipercepat dan kegiatan ekonomi lainnya yang tetap menjaga social distancing.

“Tentunya,gagasan solutif yang ditawarkan dapat saya tindak lanjuti ke dinas terkait, dinas pertanian, PUPR Aceh Besar karena berkenaan dengan pelepasan air irigasi dan bahkan pak bupati langsung,”sebut mantan calon Bupati Aceh Besar ini.

Karena itu, partisipasi warga menjadi modal sosial, bukan hanya mengawasi tetapi juga mengelola, sebagai contoh jika ada warga yang baru pulang dari luar daerah, tidak mesti didiskriminasikan akan tetapi dikelola dengan baik seperti memberikan pengetahuan dan penyadaran supaya karantina selama 14 hari.

“Kita terus belajar tentang wabah corona ini, pengetahuan ini perlu kita saling kuatkan supaya kita bisa mencegah, menghindari dan mengobatinya jikapun terpapar,”kata Juanda.

Sebelumnya Partai Aceh Kemukiman Lamlheu, Sukamakmur, Aceh Besar bekerjasama dengan puskesmas Sukamakmur, imum mukim, para keuchik dan pemuda serta remaja masjid sekemukiman Lamlheu, melakukan sosialisasi tentang bahaya dan upaya pencegahan sebaran virus Covid 19.

Acara tersebut diselenggarakan selama dua hari, yaitu tanggal 4-5 April 2020 dengan kegiatan penyuluhan oleh tim Puskesmas dan penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh para pemuda secara gotong royong.

Ketua PA Mukim Lamlheu, Drg Muhammad mengatakan, kerjasama ini diharapkan dapat menjadi aksi positif, supaya menguatkan pengetahuan masyarakat tentang virus covid 19 dan juga meningkatkan semangat, juga memberikan psikologi positif sehingga berdampak bagi kekebalan tubuh.

“kita hanya memfasilitasi, aksi utama masyarakat, kita sangat berterima kasih atas partisipasi masyarakat, “ Muhammad.

 

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here