Kisruh Bupati Aceh Tengah, Pengamat Hukum:  Bupati Harus Buktikan Ancaman Terhadap Dirinya

0
185
Pengamat hukum dan advokat Aceh, Kasibun Daulay for acehaktual
ADS_Area

ACEHAKTUAL .COM I Banda Aceh – Kisruh Bupati Aceh Tengah dengan wakilnya Shabela-Firdaus menjadi sorotan sejumlah pihak, salah satunya pengamat hukum dan advokat Aceh.

Pengamat hukum, Kasibun Daulay menilai Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar harus membuktikan soal ancaman oleh Wakilnya itu.

ADS_IMAGE

“Secara hukum, Bupati Aceh Tengah harus membuktikan bahwa ancaman itu benar adanya dilakukan oleh Firdaus,” kata Kasibun Daulay, Jumat (15/5/2020).

Menurut Alumni Fak. Hukum Unsyiah ini, Bupati Aceh Tengah harus bisa menghadirkan dua alat bukti yang sah sesuai yang diatur oleh Kitab Hukum Acara Pidana. Kalau tidak ada bukti, bisa dianggap sebagai pencemaran nama baik.

“Shabela, harus bisa membuktikan itu sesuai yang diatur oleh Kitab Hukum Acara Pidana-KUHAP, karena kalau tidak maka apa yang diuangkapkan Shabella tersebut bisa dianggap berita bohong atau HOAX dan bahkan bisa dianggap sebagai pencemaran nama baik dan pembunuhan karakter buat Wakil Bupati,” sebutnya.

Dikatakan Kasibun, Shabela harus lebih pesuasif, apalagi terhadap rekan sendiri, bukan dengan mempertontonkan arogansi kekuasaan dengan membawa kasus ini keranah hukum.

Sebagai kepala daerah harus memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat.

“Harus mengutamakan kearifan lokal, gayo itu berbudaya, memiliki manegement konflik yang sangat bisa diandalkan, tidak semuanya harus melalui jalur penegakan hukum, karena jalur penegakan hukum itu, bisa menyisakan luka yang sulit diobati,” sebutnya.

 

Diberitakan sebelumnya Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar nyaris baku hantam dengan Wakil Bupati Aceh Tengah Firdaus. Pengakuan Shabela, wakilnya melontarkan kata-kata ancaman akan membunuh dirinya.

 

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here