Alasan Pesawat Tidak Melintasi Samudra Pasifik

0
51
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM | Banda Aceh,- Tahukah kamu bahwa pesawat terbang tidak di izinkan melintasi samudra pasifik. Bukan karena ketakutan bahwa pesawat akan menuju ujung dunia seperti di anut oleh sebagian orang yang berfikir bumi adalah datar pada saat ini. Melainkan beberapa kondisi yang bersangkutan dengan keselamatan penerbangan.

Untuk penerbangan dari Amerika menuju Asia, pesawat akan terbang melalui Alaska. Tidak langsung mengambil rute lurus yang kelihatannya lebih dekat, sehingga bisa mengevesiensikan waktu dan bahan bakar. Rute yang diambil agak memutar dan jauh karena seperti kurva melengkung.

ADS_IMAGE

Pilot akan lebih memilih rute jauh dengan banyak Bandara daripada rute yang keliatannya singkat, namun ditengah laut. Meskipun Alaska tidak memiliki banyak bandara internasional, namun itu masih lebih baik dari pada melakukan pendaratan ditengah laut.

Keselamatan akan lebih terjamin jika posisi mendarat darurat semakin dekat dengan daratan. akan lebih baik jika mendarat di Bandara karena pertolongan akan lebih mudah dan cepat diberikan.

Tentu saja ini berbicara samudra pasifik, sebagai samudra terluas di dunia. Ada semacam pola semu ketika melintasi garis lurus samudra pasifik yang luas. Lengkungan bumi juga sangat lebar untuk sekali tempuh dengan pesawat. Artinya jarak dekat lintasan pesawat tidaklah dekat, melainkan sama melengkungnya dengan melintasi Alaska, atau lurus saja melalui samudera.

Pada tujuan dengan negara tertentu malah sekitar kutub menjadi lebih pendek, daripada semakin mendekat ke khatulistiwa. Hal ini karena bumi tidak benar-benar bulat, melainkan mampat disekitaran kutub dan melebar semakiin ke tengah. Mungkin terdengar tidak mungkin, namun perjalanan dengan mendekati Kutub akan membuat perjalanan menjadi lebih singkat, sehingga efisiensi wakti dan bahan bakar.

Selain itu ada istilahnya yang disebut dengan arus jet dunia. beradap di daerah kutub dan khatulistiwa. Arus ini bisa dimanfaatkan oleh pesawat untuk mempercepat laju, namun untuk arus yang panas bisa membuat turbulensi yang luar biasa parah secara tiba-tiba. Penerbangan tidak akan berbahaya, namun bagi penumpang didalam pesawat hal ini akan berbahaya dengan kemungkinan terlempar dalam pesawat.

Itulah beberapa alasan pesawat memilih untuk tidak terbang melintasi samudra pasifik jika tujuan terbangnya dari Amerika ke Asia maupun sebaliknya. Namun jika dari Amerika menuju Australia atau sebaliknya biasanya pesawat akan melintasi Pasifik.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here