4 Hal Beda Saat Upacara HUT RI ke-75 Hari Ini di Istana

0
170
ADS_Area

Jakarta – Upacara HUT RI ke-75 akan segera berlangsung pagi ini di Istana Negara, Jakarta. Namun, terdapat sejumlah perbedaan penyelenggaraan upacara tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu dikarenakan penyelenggaraan upacara HUT RI ke-75 dilaksanakan di tengah pandemi virus COVID-19. Peserta upacara pun dibatasi serta penyelenggaraan wajib menerapkan protokol kesehatan.

ADS_IMAGE

Berikut beberapa hal yang berbeda pada pelaksanaan upacara di Istana hari ini:
1. Tidak Undang Warga Secara Fisik

Ada 17.845 kuota undangan disediakan untuk masyarakat luas untuk mengikuti upacara virtual di Istana Negara. Seluruh masyarakat yang telah mendaftar melalui alamat https://pandangistana.setneg.go.id dapat mengikuti upacara secara daring.

“Setelah melakukan pendaftaran, pendaftar akan menerima notifikasi melalui pesan WhatsApp dan surel sebagai tanda bahwa permohonan undangan telah diterima,” ujar Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yayat Hidayat dalam keterangan tertulis dari Setpres, Senin (10/8/2020).

2. Hanya 6 Pejabat yang Ikut Upacara di Istana

Upacara HUT ke-75 RI tetap digelar di Istana Kepresidenan dengan jumlah terbatas. Hanya 6 pejabat yang menghadiri upacara secara fisik seperti Presiden Jokowi hingga Wapres Ma’ruf Amin.

Dari surat edaran yang diteken Mensesneg Pratikno, keenam pejabat negara yang hadir antara lain Jokowi (inspektur upacara), Ma’ruf, Ketua MPR Bambang Soesatyo (pembaca teks proklamasi), Menag Fachrul Razi (pembaca doa), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis. Upacara tidak mengundang masyarakat
“Upacara hanya dihadiri oleh Presiden (selaku inspektur upacara), dan Wakil Presiden serta petugas upacara, yaitu Ketua MPR (selaku pembaca teks proklamasi), Menteri Agama (pembaca doa), Panglima TNI, dan Kapolri, serta tidak mengundang pejabat dan masyarakat,” tulis surat edaran tersebut.

3. Paskibraka Hanya 3 Orang

Paskibraka hanya berjumlah 3 orang. Ketiganya merupakan paskibraka tahun 2019. Berikut komposisi petugas upacara di Istana Merdeka terdiri atas:

– Komandan upacara: 1 orang
– Paskibraka: 3 orang, berasal dari cadangan Paskibraka tahun 2019
– Pasukan upacara: 20 orang dari TNI/Polri
– Korps musik: 24 orang
– MC: 2 orang
– Pasukan pelaksana tembakan kehormatan saat detik-detik proklamasi kemerdekaan: 17 orang dari TNI
4. Protokol Kesehatan Diberlakukan

Upacara HUT ke-75 Republik Indonesia tetap digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta pagi ini meski di tengah pandemi. Namun jumlah peserta dibatasi dengan pemberlakuan protokol kesehatan dan aman COVID-19.

“Kaitannya upacara 17 Agustus di Istana Merdeka, upacara tetap khidmat, tetapi dengan peserta terbatas. Semua komponen yang terlibat dalam upacara hadir si situ, termasuk Paskibraka, tapi dalam jumlah terbatas,” ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno saat konferensi pers yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (6/7/2020).

Selain itu, protokol kesehatan yang diterapkan yakni memakai masker hingga jaga jarak antar peserta upacara. Para peserta wajib menjalani tes swab sebelum dan sesudah upacara. (detik.com)

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here