Polisi Belarus Menahan 20 Jurnalis dan Menyita Telepon

0
292
ADS_Area

Minsk – Polisi Belarus menahan sekitar 20 orang jurnalis yang bersiap meliput demonstrasi di Minsk pusat pada Kamis, 27 Agustus 2020. Polisi menyita telepon genggam dan dokumen identitas para jurnalis.

“Kementerian Dalam Negeri Belarus mengatakan para jurnalis di bawa ke kantor polisi untuk pengecekan akreditasi terkait kerja mereka sebagai jurnalis,” begitu dilansir Reuters pada Kamis, 27 Agustus 2020.

ADS_IMAGE

Kementerian mengatakan semua jurnalis yang memiliki akreditasi resmi akan dibebaskan. Pemerintah membantah para jurnalis itu ditahan.

Aksi demonstrasi besar-besaran merebak di Ibu Kota Minsk sejak pemilu Presiden pada 9 Agustus yang dimenangi inkumben Presiden Alexander Lukashenko.

Oposisi dan pengamat mengatakan pemilu berlangsung dengan penuh kecurangan untuk kemenangan Lukashenko, yang telah bekuasa selama 26 tahun dan dikenal otoriter.

Tokoh oposisi Svetlana Tikhanouskaya menolak kemenangan Lukashenko dan menyebut dirinya yang menang dan mendapat dukungan publik. Dia melarikan diri ke Lithuania sejak dua pekan lalu karena merasa keamanan diri dan keluarganya terancam. Dia meminta Uni Eropa menghukum pemerintah Belarus karena diduga menggelar pemilu penuh kecurangan. (tempo.co)

Sumber:

https://www.reuters.com/article/us-belarus-election-journalists/belarus-detains-around-20-journalists-preparing-to-cover-protest-reuters-witness-idUSKBN25N2J5?il=0

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here