5 Mitos Air Kelapa Untuk Ibu Hamil, Benarkah Bisa Bikin Kulit Bayi Putih?

0
212
Foto: iStock
ADS_Area

Jakarta – Hingga saat ini banyak orang percaya kalau ibu hamil mengonsumsi air kelapa bisa membuat kulit bayi putih. Jika dilihat dari sisi kedokteran, hal ini hanyalah mitos belaka. Benarkah?

Air kelapa merupakan salah satu asupan alami yang dikenal sehat untuk kesehatan tubuh. Vitamin dan mineral dalam air kelapa membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh. Air kelapa juga memberi efek segar dan seketika bisa menghidrasi tubuh.

ADS_IMAGE

Air kelapa bagus dikonsumsi oleh berbagai kalangan mulai anak-anak hingga orang dewasa. Ibu hamil juga diperbolehkan minum air kelapa karena kandungan nutrisinya yang bagus untuk janin. Tapi ada mitos soal air kelapa yang kabarnya membuat bayi lahir dengan kulit putih dan bersih.

Berikut beberapa fakta dan mitos seputar air kelapa bagi ibu hamil.
1. Kandungan nutrisi air kelapa
Air kelapa sudah dikonsumsi sejak ribuan tahun lalu. Selain karena rasanya yang segar alami, air kelapa juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Air kelapa mengandung mineral, kalsium,zat besi, vitamin dan juga potasium.

Satu butir kelapa utuh mengandung kalori, gula, protein, sodium, serat dan lemak. Sementara air kelapa mengandung potasium yang tinggi yakni 600 miligram dalam satu buah kelapa seberat 240 gram. Kandungan potasium yang tinggi ini membuat air kelapa diandalkan sebagai minuman elektrolit alami.

2. Manfaat air kelapa muda
Secara umum air kelapa memiliki segudang khasiat jika dikonsumsi secara rutin dan dengan porsi sesuai. Air kelapa bersifat netral sehingga bisa diandalkan sebagai asupan untuk membuang racun tubuh atau proses detoksifikasi.

Air kelapa juga membantu menurunkan tekanan darah. Air kelapa yang sifatnya dingin dan rasanya manis segar ini juga meredakan stress dan merenggangkan otot yang kaku. Selain minum teh, air kelapa juga bisa diandalkan untuk membuat pikiran tenang.

Air kelapa juga cocok dikonsumsi oleh ibu hamil karena membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, sebaiknya konsumsi air kelapa muda secara alami tanpa banyak bahan tambahan, termasuk gula. Cukup tambahkan es batu agar air kelapa semakin segar.

3. Hamil muda dilarang minum air kelapa muda
Banyak orang percaya kalau sedang hamil muda dilarang mengonsumsi air kelapa karena bisa memicu pendarahan hingga keguguran. Hal ini berkembang luas di masyarakat dan dipercaya secara turun temurun.

Anggapan ini hanyalah mitos belaka, tidak ada hubungannya antara minum air kelapa dan efek keguguran saat hamil muda. Namun yang harus diperhatikan adalah porsi konsumsinya. Segala yang berlebihan tentu saja tidak baik.

Sebagai tips, konsumsilah kelapa muda segar secara alami. Dan jika mengalami efek buruk usai minum air kelapa sebaiknya hentikan konsumsinya.

4. Air kelapa muda bikin kulit bayi putih
Warna pigmen kulit bayi dipengaruhi oleh faktor genetik kedua orang tuanya. Tidak ada pengaruh dari makanan ataupun pola hidup sang ibu. Namun banyak orang percaya dengan mengonsumsi air kelapa muda bisa membuat kulit bayi jadi putih dan bersih.

Banyak pakar kesehatan hingga dokter kandungan yang mengatakan anggapan ini tidak benar dan hanya mitos belaka namun banyak ibu yang memberi kesaksian kalau hal ini terbukti benar. Sampai saat ini bahkan belum ada penelitian yang membuktikan kalau air kelapa bisa membuat kulit bayi putih dan bersih.

5. Air kelapa memperbanyak ASI
Setelah bayi lahir, tugas utama ibu adalah memberi nutrisi bayi dengan cara menyusui. Beberapa ibu mampu memproduksi ASI berlimpah namun ada juga yang kesulitan memproduksi ASI. Untuk membantu melancarkan ASI, kamu bisa mengonsumsi air kelapa muda.

Air kelapa mengandung berbagai nutrisi yang membantu membuat tubuh terhidrasi dengan cukup, bugar dan merasa segar. Jika tubuh ibu bugar maka seluruh organ tubuh juga akan berfungsi dengan baik, termasuk organ yang memproduksi ASI.

Konsumsi air kelapa bagi ibu menyusui juga memberi pengaruh bagi proses tumbuh kembang anak. Dengan rutin mengkonsumsi air kelapa muda maka membantu menjaga daya tahan tubuh serta bagus untuk perkembangan otak serta tulang bayi.(detik.com)

 

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here