Tokoh Pers Aceh Harun Keuchik Leumiek Tutup Usia

0
48
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM | Banda Aceh,- Kabar duka datang dari dunia PERS Aceh. Salah satu tokohnya H. Harun Keuchik Leumiek Meninggal dunia pada rabu (16/09/20). Beliau meninggal di kediamannya gampong Lemseupeung, Lungbata, Banda Aceh.

Aceh telah kehilangan tokoh penting dalam dunia Pers dan juga sejarah budaya dan adat. Almarhum adalah satu dari sedikit orang yang peduli untuk menyelamatkan warisan budaya Aceh. Beliau menjadikan rumahnya sebagai museum yang diisi dengan berbagai barang peninggalan sejarah yang beliau buru hingga berbagai pelosok dunia. Atas aktifitasnya tersebut ia mendapatkan Piagam Anugerah Kebudayaan dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

ADS_IMAGE

Selain dikenal sebagai pengusaha dan wartawan, almarhum semasa hidupnya juga mendirikan masjid di Lamseupeng, Banda Aceh. Masjid itu ditambal dengan nama orang tuanya Keuchik Leumiek. Segala akomodasi mesjid hingga gaji para marbot serta imam beliau gaji sendiri.

Rencananya salah satu penasehat dari PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Aceh tersebut akan dimakamkan di tempat pemakaman keluarga.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here