Tamiang Pande, Aplikasi E- Learning terpadu pertama se Aceh karya Pemkab Tamiang

0
141
Sambutan Bupati Tamiang Saat Launching Tamiang Pande
ADS_Area

Dalam rangka respon cepat pelaksanaan PSJJ (Pembelajaran Sekolah Jarak Jauh) di Kabupaten Tamiang, Bupati Aceh Tamiang Bapak H. Mursil, SH, M.Kn pada hari selasa, 5 oktober 2020, melaunching aplikasi e-learning terpadu bernama Tamiang Pande.

Nama Tamiang Pande di ambil dari bahasa tamiang yang artinya Tamiang Pintar, untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh yang merupakan tujuan dari pembuatan dari aplikasi ini. 

ADS_IMAGE

Dalam sambutannya, pak Mursil menyampaikan bahwa aplikasi ini adalah aplikasi e-learning PSJJ pertama di aceh, yang akan dimanfaatkan oleh lebih dari 30 ribu kepala keluarga di Aceh Tamiang, selama proses PSBB berjalan.

Dalam implementasinya, nanti para siswa TK, SD, dan SMP di Tamiang, setiap senin sampai jumat akan mendapat konten yang di buat langsung oleh guru – guru di Tamiang, dan materi pembelajarannya bisa tonton secara offline, sebagai solusi untuk menghemat kuota para orang tua.

Tersedia juga teknologi ujian online terpadu, dan news center yang akan membantu para orang tua pengguna Tamiang Pande, untuk mendapatkan informasi perkembangan pendidikan di Tamiang secara update, langsung via aplikasi. 

Di Lokasi yang sama, Sekretaris Diskominfosan Kabupaten Aceh Tamiang, Bastian,S.Kom, menyampaikan bahwa aplikasi Tamiang Pande ini merupakan komitmen respon cepat dari Diskominfosan untuk mendukung program PSJJ yang telah di canangkan oleh Bupati Tamiang.

“Aplikasi ini akan menjadi kebanggaan dan solusi terpadu bagi masyarakat tamiang, karena banyak perwakilan guru dan orang tua yang memberi apresiasi terobosan teknologi tersebut,” harap Bastian

Karena tersedia di Android dan IOS, Aplikasi Tamiang Pande bisa di download oleh seluruh masyarakat tamiang maupun masyarakat indonesia secara gratis, dan yang penting tanpa iklan – iklan yang mengganggu konsentrasi anak.

“Intinya, kami ingin aplikasi Kabupaten Tamiang ini berkontribusi pada dunia pendidikan di Tamiang, maupun di luar Tamiang, agar anak – anak di Indonesia tetap bisa menikmati proses pembelajaran dari senin sampai jumat, karena konten yang tersedia, dibuat secara kolaboratif oleh para guru – guru terbaik di tamiang, sesuai dengan kurikulum pendidikan di Indonesia”, kata  Bastian ketika di tanyai mengenai implementasi dari aplikasi Tamiang Pande. 

Dunia pendidikan, memang mengalami tantangan yang luar biasa di era New Normal, setelah pandemi covid 19 merebak di Indonesia. Adanya aplikasi e-learning terpadu seperti Tamiang Pande ini adalah respon yang benar – benar di butuhkan , untuk mendukung para guru dan orang tua yang tetap harus mendidik seluruh anak didik secara bersama – sama. 

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here