Ketua DPRA : Qanun Pendidikan Kebencanaan Sangat Penting Untuk Meminimalisir Bencana

0
47
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM I Banda Aceh – Ketua DPRA Aceh H. Dahlan Jamaluddin mengatakan Qanun Aceh Tentang Pendidikan Kebencanaan sangat diperlukan sebagai titik tolak dari managemen bencana.

“Qanun ini sangat penting dalam mendidik masyarakat semenjak bangku sekolah tentang mitigasi bencana,” kata Dahlan dalam sambutannya saat membuka RDPU terhadap Ragan Aceh Tentan Pendidikan Kebencanaan yang di bacakan Ketua Komisi V M. Rizal Falevi Kirani, Senin (16/6/2020)

ADS_IMAGE

Menurut Politis Partai Aceh ini, Masyarat Aceh kedepan di harapkan menjadi masyarakat yang tangguh dan menjadi pelpor dalam mengatasi bencana.

“Raqan ini sangat penting, mengingat persoalan kebencanaan adalah hal yang perlu untuk di bahas sehingga meminimalisir resiko bencana, nantinya akan di tetapkan di dunia pendidikan,” sebutnya.

DPRA, kata Dahlan, Raqan diharapkan menjadi bahan penting bagi semua pihak untuk mengantisipasi bencana lebih serius, mendidik masyarakat lebih telaten dengan memasukkan berbagai kearifan lokal yang ada.

“Bencana alam terjadi diluar kendali kita, yang ada dalam kendala kita adalah sikap kita dalam menghadapi musibah tersebut,” sebutnya.

Musibah yang terjadi, tambah Dahlan, merupakan Qadha dari Allah SWT namun, di balik Qadha tersebut ada fenomina alam yang bisa di cerna, termasuk, iktiar untuk menghindari sebelum terjadi.

Walau demikian, Dahlan meminta dalam pembahasan RDPU untuk mematuhi prosedur kesehatan COVID-19.

“Kami harapkan semua kita mematuhinya karena ini juga merupakan salah satu bencana non alam yang tengah melanda negeri ini,” harapnya.

Dalam RDPU ini tambahnya, setiap masukan dan saran sangat di perlukan bertujuan sebagai pengatuan dan penyempurnaan subtansi Ragan tersebut.

Raqan tersebut diantaranya diikuti oleh bupati/walikota, para ketua DPRK, rektor, akademisi, LSM dan tokoh masyarakat.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here