PKS Aceh Akan Adakan Kembali Lomba Baca Kitab Kuning

0
82
ADS_Area

ACEHAKTUAL.COM | Banda Aceh,- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aceh Kembali adakan perlombaan membaca kitab kuning. Acara tersebut digelar pada tingkat wilayah Aceh dan akan dilaksanakan secara daring atau online pada tanggal 5 Desember 2020 melalui aplikasi Zoom.

Kegiatan yang telah dibuka pendaftaran sejak medio Oktober – 21 November 2020 dan telah terdaftar peserta sebanyak 169 orang dari seluruh Aceh yang terdiri dari 56 orang laki-laki dan 113 orang perempuan. Acara yang merupakan rangkaian dari kegiatan Fraksi PKS DPR RI ini, dimana peserta yang mendapat juara I nantinya akan diperlombakan secara Nasional di Jakarta pada tanggal yang akan di tentukan kemudian.

ADS_IMAGE

“Setiap warga negara Indonesia boleh ikut. Syarat umur 17 sampai 25 tahun, sedangkan pendidikan minimal itu aliyah atau sederajat. Selain itu disyaratkan juga mendapat rekomendasi dari dayah atau pondok tempat peserta mengaji, dan juga rekom DPD PKS pada tingkat kabupaten yang akan diwakili”, terang Mulya Irza

“Peserta juga diharapkan memiliki Smarthphone atau laptop sebagai sarana daring. Satu lagi tidak boleh pernah mejadi juara 1 sampai dengan 3 pada skala level nasional untuk acara serupa yang di adakan juga oleh DPP PKS. Nantinya ada hadiah dengan total 60 juta untuk juara satu sampai dengan tiga, termasuk harapan satu yang juga sampai tiga”, Imbuh Mulya Irza, selaku yang membidangi kesekretariatan.

Mulya menambahkan bahwa bertindak sebagai Ketua Panitian Ust. Saifunsyah, SE, MSi, Ak; selaku ketua Badan Pembinaan Ummat (BPU) DPW (Dewan Pengurus Wilayah) PKS Aceh. Kita berharap agar acara tersebut berlangsung meriah, meski berbeda dengan konsep tahun lalu, dimana tidak bisa dihelat secara luring karena persoalan Pandemi Covid yang tidak kunjung selesai.

“Nantinya kegiatan ini akan dilaksanakan secara daring dikarenakan kodisi pandemi Covid-19 saat ini dan kita telah melakukan technical meeting dengan seluruh peserta dan dewan hakim terkait hal ini agar nanti ketika pelaksanaan tidak terjadi hal-hal yang mengganggu pelaksanaan kegiatan ini”, demikian tegas H. Saifunsyah, SE, Ak kepada media ini ketika ditemui di kantor DPW PKS Aceh, Rabu 2 Januari 2020. Saifunsyah juga menambahkan, bahwa Kitab yang akan diperlombakan pembacaan nya yaitu Kitab Fathul Mu’in karya Syaikh Zainuddin Abdul Aziz Al-Malbary yang sudah mashur dikalangan dayah dan sekolah di Aceh.

Secara terpisah, Ketua Fraksi PKS DPR Aceh yang dijumpai media ini di Kantor DPR Aceh mengatakan bahwa pemenang dari kegiatan ini nantinya akan diberikan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp. 15.000.000,- untuk juara I, Rp. 13.000.000,- untuk juara II dan Rp. 11.000.000,- untuk juara III. Lalu juara harapan I sebesar Rp. 9.000.000,- juara harapan sebesar II Rp. 7.000.000,- dan juara harapan III sebesar Rp. 5.000.000,-. “untuk hadiah utama pemenang Nasional yang akan oleh Fraksi PKS DPR RI akan diberikan Umrah” tambah Zaenal. “kami berharap peserta dari Aceh akan mendapatkan juara Nasional seperti yang telah diraih beberapa tahun yang lalu, tegasnya kembali.

Kegiatan ini nantinya akan dibuka oleh Ketua DPW PKS Aceh, Tgk. H. Ghufran Zainal Abidin, MA yang pernah menjadi Ketua Komisi 7 DPR Aceh periode 2014-2019. “PKS, dalam hal ini ingin agar tujuan kegiatan ini, selain tentunya Syiar Islam, namun juga untuk menumbuhkan minat baca generasi muda terhadap kitab-kitab karya ulama besar dan juga mengasah kemampuan mereka agar dapat memahami dengan baik kitab-kitab yang saat ini mulai ditinggalkan oleh generasi muda, kata Ghufran ketika dihubungi media ini melalui telepon selularnya karena masih melakukan isolasi mandiri sesuai mengikuti Musyawarah Nasional V PKS di Bandung, Jawa Barat pada tanggal 26-29 November 2020.

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here