Jenis Makanan Baik dan Sehat untuk Asam Urat, Apa Saja?

0
80
Foto : maxumfoods.com
ADS_Area

Jakarta– Jika Anda mempunyai riwayat asam urat, dokter biasanya menyarankan untuk lebih bijak memilih makanan. Pasalnya, makanan tertentu yang tinggi purin membuat gejala asam urat sewaktu-waktu kambuh. Penderita asam urat tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makan.

Salah makan, asam urat dapat kambuh dan malah menjadi sulit beraktivitas. Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan tentu saja dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

ADS_IMAGE

Lantas, jika ada pantangan untuk penderita asam urat, makanan apa yang justru baik dan sehat untuk dikonsumsi? Berikut jenis makanan baik dan sehat untuk penderita Asam Urat.
Tomat
Sebelum mengkonsumsi menu utama, makananlah 1 atau 2 buah tomat. Pengkonsumsian buah tomat merupakan cara terbaik untuk mencegah produksi asam urat berlebih dalam darah. Karena tomat mengandung alkaline alami yang bisa membantu pengendalian kadar asam urat dalam aliran darah.

Apel
Apel terkenal asam malat atau biasa disebut asam apel yang bisa menetralisir kadar asam urat dalam darah. Saking bagusnya, apel digelari sebagai makanan terbaik untuk penderita asam urat.

Beri-berian
Si kecail manis ini mempunyai beragam manfaat dan varian, seperti stroberi, arbei, dan blueberry. Beri-berian khususnya stroberi dan beri biru kaya kandungan anti inflammatory atau zat yang bisa membantu mengatasi peradangan asam urat.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun mengandung zat antiinflamasi dan antioksidan sehingga berkemampuan untuk membantu tubuh mengatasi asam urat.

Brokoli
Sama halnya seperti tomat, sayur brokoli mempunyai kandungan senyawa alkali yang baik untuk tubuh melawan permasalahan asam urat. Anda tinggal memilih saja baik si merah tomat atau si hijau brokoli. Keduanya sama-sama menyehatkan tubuh.

Lemon
Meski rasanya asam, bukan berarti buah ini bakal meningkatkan asam urat dalam tubuh. Malahan lemon atau limau ini mengandung asam sitrat atau citrid acid yang berguna untuk mencegah kadar asam urat berlebih.

Lobak
Sayuran berbentuk mirip wortel berwarna putih ini mempunyai khasiat luar biasa untuk menurunkan asam urat. Zat yang terkandung dalam lobah diketahui efektif untuk mengeluarkan asam urat berlebih melalui pencernaan.

Ceri
Nutrisi dan zat mineral dalam buah ceri bisa membantu pengurangan kadar asam urat. Buah zeri juga bisa mencegah proses pengkristalan pada persendian, dan mampu menetralisir sekaligus mencegah peradangan juga rasa nyeri akibat asam urat.

Jeruk
Buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C. Yang mana kandungan ini bermanfaat untuk tubuh dalam mengatasi permasalahan asam urat.

Labu Kuning
Salah satu makanan ampuh penurun asam urat adalah labu kuning. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara mengolahnya menjadi makanan seperti sup labu hingga kue lezat.

Memperhatikan asupan makanan sangat penting untuk penderita asam urat. Apalagi asam urat juga berkaitan dengan penyakit lain, seperti penyakit ginjal. Menjaga kadar asam urat dalam batas normal berarti turut menjaga kesehatan organ ginjal.(viva.co)

 

ADS_IMAGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here