Cara Baca Pesan Whatsapp yang Sudah Dihapus di Android

Ilustrasi. Cara hapus pesan yang sudah dihapus di Whatsapp (acehaktual.com/Fauzan)

Jakarta – Whatsapp memang punya fitur untuk menghapus pesan yang sudah terkirim. Namun, ada cara untuk melihat pesan yang sudah dihapus dari aplikasi pesan instan, namun cara ini hanya berlaku untuk ponsel Android.
Pesan yang sudah dihapus ternyata tak sepenuhnya hilang. Pesan itu masih tersimpan di log notifikasi di perangkat pengguna.

Sehingga, pengguna masih bisa membaca pesan itu meski sudah tampak terhapus di aplikasi Whatsapp penerima. Hal ini diungkap seorang blogger Android asal Spanyol Jefe.
Sebelumnya, ahli iOS Jonathan Zdziarski, menyebut Whatsapp memang menyimpan log pesan di perangkat. Jadi tetap bisa diakses meski pesan itu sudah di arsipkan atau dihapus.

“Kami menemukan bahwa pesan itu tersimpan di daftar notifikasi di sistem Android. Jadi, tinggal masuki rekaman itu untuk melihat yang dihapus pengirim,” tulisnya dalam blog seperti dikutip Gadget 360.

Untuk melihat log rekaman notifikasi itu, pengguna mesti memasang aplikasi pihak ketiga seperti Notification History. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store.

Namun, dengan aplikasi pihak ketiga, pengguna mesti sadar ada risiko keamanan yang mungkin dikorbankan. Pasalnya, pengguna mengizinkan aplikasi untuk mengakses semua riwayat notifikasi di ponsel. Data ini mungkin bisa disalahgunakan.

Terdapat dua cara untuk melihat pesan yang sudah dihapus di Whatsapp lewat aplikasi ini.
Cara pertama:
1. Setelah mengunduh aplikasi, perbolehkan aplikasi untuk mengakses notifikasi dan akses administrator. Setelah itu, aplikasi akan mulai merekam semua riwayat notifikasi.
2. Buka aplikasi, tap Whatsapp untuk melibat semua riwayat notifikasi dari aplikasi itu.
3. Cari kontak yang ingin dilihat dan tap untuk melihat notifikasi dari pengirim pesan, seperti dilansir dari Gadgets Now.

Cara kedua, pengguna mesti mencari pesan yang ada di log notifikasi Android.
1. Keluarkan pilihan Widget dengan menekan lama di layar depan Android.
2. Pilih Widget> Activities> Setting> Notification Log.
Terdapat sejumlah keterbatasan ketika menggunakan aplikasi ini.
– Aplikasi hanya bisa mengembalikan pesan jika pengguna mengaktifkan fitur untuk memperlihatkan pesan Whatsapp di notifikasi.
– Pesan yang tersimpan di log notifikasi ini akan terhapus ketika ponsel direstart. Sehingga, pengguna tak bisa melihat pesan jika sudah mematikan dan menyalakan kembali ponsel.
– Hanya 100 karakter pertama dari pesan yang dihapus yang bisa dilihat.
– Fitur ini berlaku untuk pengguna dengan Android 7.0 ke atas.
– Pesan yang bisa dilihat hanya berlaku untuk pesan teks. Pesan media seperti foto dan video yang sudah dihapus tak bisa dilihat lagi.

Selain Notification History, masih ada beberapa aplikasi serupa lain yang ada di PlayStore. Rata-rata memang menggunakan log notifikasi untuk memunculkan kembali pesan yang sudah dihapus.

Fitur hapus pesan adalah salah satu fitur anyar yang ditawarkan kepada pengguna. Dengan fitur ini, pengguna bisa menghapus pesan yang salah kirim atau tak jadi ingin dikirimkan.(cnnindonesia.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here